baju muslim anak perempuan

Tips Menjaga Kesehatan Anak Saat Musim Hujan

1. Jaga Kebersihan Lingkungan 

Tips Menjaga Kesehatan Anak Saat Musim Hujan
Tips Menjaga Kesehatan Anak Saat Musim Hujan 
Menjaga lingkungan tetap bersih selama musim hujan sangat penting, jangan ada genangan air di rumah, lingkungan rumah. Sebaiknya orang tua dan anak sering membersihkan lingkungan, buang sampah pada tempatnya agar tidak ada sarang nyamuk yang betebaran dan menjadi boomerang dari bahaya demam berdarah, bersihkan bak setiap sminggu 2x, basmi nyamuk yang bertebaran. 

2. Tutup Genangan Air 

Misalnya jika bak berisi air yang tidak pernah dipakai, ember yang berisi air sebaiknya tutup saja agar tidak ada jentik-jentik nyamuk, terkontaminasi bakteri membahayakan kesehatan anak. 

3. Siap kan Perlengkapan Hujan

Sediakan perlengkapan hujan seperti payung, jas hujan, sepatu boots hujan untuk anak, jangan lupa siapkan jaket tebal anak agar tidak masuk angin.

4. Sediakan Air Bersih  

Baik air untuk minum, mandi dan untuk keperluan lainnya, air bersih sangat penting untuk kesehatan anak. Pastikan anak mendapatkan air bersih agar terhindar dari penyakit dan mencegah infeksi. 

5. Ajari Anak Mencuci Tangan dengan Benar 

Mencuci tangan menggunakan sabun ternyata sangat efektif untuk mencegah penyakit pencernaan, penyakit medis lainnya. Misalnya setelah makan dan setelah memegang benda-benda kotor dari air hujan yang ada di tanah, sebelum makan anak sudah dibiasakan mencuci tangan sejak dini. 

6. Berikan Asupan Gizi Sehat 

Berikan anak anda asupan gizi yang lengkap dan sehat di saat musim hujan secara teratur, misalnya makanan yang mengandung karbohidrat seperti nasi, lalu buah-buahan yang mengandung vitamin c seperti jeruk yang dapat memperkuat daya tahan tubuh. 

7. Istirahat yang Cukup 

Disaat musim hujan, biasanya yang kurang tidur atau kurang istirahat, badannya kurang fit dan loyo, maka dari itu istirahat yang cukup sangat diperlukan agar badan tetap vit di saat musim hujan. 



Semoga informasi ini dapat berguna untuk para pembaca setia, sekian dan terimakasih, jangan lupa baca artikel yang lainnya investasikan ilmu anda untuk anak di masa depan, selamat mencoba.