baju muslim anak perempuan

Tips Agar Anak Minum Air Putih

1. Mengenalkan dengan Cara Menarik 

Tips Agar Anak Minum Air Putih
Tips Agar Anak Minum Air Putih 
Anak balita biasanya menyukai warna kontras, cerah, lucu dan menarik. Anda bisa menyajikan air putih untuk si kecil dengan botol atau gelas bergambar karakter tokoh kartun yang menyenangkan sesuai favorit si kecil. Agar si kecil mau minum air putih dengan bersemangat. 

2. Menaruh Air Putih di Tempat Terjangkau 

Sebaiknya air disimpan di tempat yang tidak terlalu tinggi agar mudah dijangkau anak, misalnya di samping tempat tidur anak, agar jika ia bangun pagi atau kehausan ketika tengah malam, anak tidak perlu minta bantuan orang tuanya ketika ia ingin minum. Anda juga dapat menyimpan air minum di meja kecil yang mudah di jangkau anak. 

3. Hiasi Minuman dengan Potongan Buah 

Misalnya dengan menghiasi sedotan dengan strawberry dan di dalam minumannya terdapat buah-buahan yang menjadi favorit anak. Jika anak dalam keadaan sehat, anda juga dapat menambahkan strawberry atau potongan buah-buahan dalam es batu kubus. 

4. Aturan Minum Air Putih 

Dalam laman Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) disebutkan kalau kebutuhan air pada anak berbeda-beda. Menurut IDAI, kebutuhan air pada anak dan remaja, adalah:

Anak usia 1-3 tahun=1.300 mL air per hari,

Anak usia 4-8 tahun=1.700 mL air per hari,

Anak lelaki usia 9-13 tahun=2.400 mL air per hari,

Anak perempuan usia 9-13 tahun=2.100 mL air per hari,

Remaja lelaki 14-18 tahun=3.300 mL air per hari,

Remaja perempuan 14-18 taun=2.300 mL air per hari.

Sebagai tambahan, 20 tahun ke atas 8 gelas air putih per hari. 

5. Orang Tua Sebagai Contoh 

Dimulai dari orang tua sebagai contoh bagi anaknya, anak selalu melihat kebiasaan orang tuanya, maka dari itu orang tua harus memperlihatkan kepada anak ketika minum air putih, agar anak menduplikasi kebiasaan anda minum air putih di rumah. 


Nah, itulah tips anak minum air putih semoga informasi ini menambah pengetahuan anda, sekian dan terimakasih, selamat mencoba.