baju muslim anak perempuan

Tips Menghadapi Kebiasaan Anak Yang Susah Makan

Anak yang susah makan seringkali membuat orangtua kesal, namun cobalah untuk bersabar dan tidak memaksanya memakan yang tidak disukai anak karena dampaknya bisa lebih buruk. Mungkin tidak mudah bagi Bunda untuk melakukannya, tapi jika kebiasaannya yang susah makan bisa memicu gangguan pola makan, maka dari itu Bunda harus lebih hati-hati dalam menghadapi kebiasaan anak yang susah makan.
Menghadapi Anak Dengan Kebiasaan Susah Makan.
Menghadapi Anak Dengan Kebiasaan Susah Makan.

Berikut ini adalah beberapa tips bagi Bunda untuk menghadapi anak yang memiliki kebiasaan susah dalam makan, baik itu yang suka pilih-pilih makan maupun tidak.

1. Sediakan Cemilan Tinggi Kalori


Untuk memastikan anak Bunda tetap dapat asupan energi sepanjang hari, meski tidak makan di waktu makan. Bunda perlu menyediakan cemilan tinggi kalori yang bisa dia makan kapanpun dia mau.

Contoh cemiulan tinggi kalori ialah selai kacang, keju, kacang-kacangan yang di padukan dengan roti atau bisa juga buah-buahan. Jadi, tak mengapa anak susah makan saat disuruh makan nasi asalkan asupan kalorinya tetap tercukupi dari cemilan yang Bunda sediakan.

2. Jangan Menyuruh Anak Makan


Anak seringkali melakukan hal yang berkebalikan dengan apa yang disuruh orangtua karena itu, cobalah menggunakan taktik dengan tidak menyuruhnya makan sama sekali. Biasanya kalau lapar anak juga akan makan ataupun minta makan dengan sendirinya.

3. Coba Mengikuti Kemauan Anak


Menghadapi anak susah makan tidak bisa dengan paksaan, karena itu, tidak ada salahnya menuruti keinginan anak, tentang apa yang mau dia makan. Mungkin hari ini dia hanya ingin makan yang manis-manis saja, dan besok dia hanya ingin makanan berkuah. Jadi ikuti saja mood anak tentang makanan yang diinginkannya, karena dipastikan anak tidak akan mau makan hal yang sama setiap hari karena merasa bosan.

4. Jangan Membanding-bandingkan


Jangan merasa sedih jika melihat anak lain makan dengan lahap atau jika ada orang yang berkomentar kenapa anak Bunda kurus. Jangan sampai anak merasa dia memiliki masalah pola makan hanya karena komentar tersebut. Jika Bunda yakin bahwa anak sehat dan tumbuh kembangnya juga baik, abaikan saja komentar tersebut yang penting adalah kesehatan anak tetap terjaga.

5. Minta Bantuan Agggota Keluarga


Apabila Bunda sudah tidak kuat menghadapi anak susah makan, atau si kecil semakin membandel saat disuruh makan cobalah mintalah bantuan Suami, kakek dan neneknya jika dekat ataupun anggota keluarga lainnya yang bisa membuat anak menurut.

Nah, itulah Bunda beberapa tips untuk menghadapi kebiasaan anak yang susah makan. Jangan sampai bunda menggunakan paksaan dengan memarahi anak apalagi membentaknya. Pastikan saja anak mendapatkan asupan nutrisi yang cukup. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menjadi tips yang manjur ya untuk menghadapi anak Bunda yang susah makan.