Jual gamis anak perempuan murah

Ciri Ciri Penipuan di Shopee

Bismillahirrahmanirrahim..

Subhanallah.. masih saja ada percobaan percobaan penipuan yang mengatasnamakan Shopee. Baru saja salah satu tim kami mengalaminya, ga sampai tertipu sih, hanya menanyakan bahwa apa benar Shopee ngasih hadiah 2 juta rupiah? jawabannya jelas tidak.

hati hati penipuan di Shopee
hati hati penipuan di Shopee

Modus penipuan di Shopee itu banyak sekali, ini kami coba rangkum berdasarkan 2 kategori utama:

Penipuan Mengatasnamakan Shopee

Shopee dan semua platform online selalu menegaskan untuk tidak memberikan data rahasia seperti password atau pin kepada siapapun, tapi masih saja ada yang tertipu akan hal ini. Berikut ini ciri ciri penipuan yang mengatasnamakan Shopee

1. Menghubungi anda melalui SMS

Jika memang anda dihubungi oleh Shopee pastilah nomor HP pada SMS tersebut tertuliskan nama Shopee, meskipun anda belum menyimpan kontak tersebut. Dan sebenarnya itu bukanlah nomor HP, tapi ya nama Shopee saja. Lalu kalau via Whatsapp juga sama saja, jika yang mengontak anda mengakui Shopee dan nomor HP nya berbentuk nomor biasa, dijamin itu penipuan, hati hati. Namun jika kontaknya bernama Shopee, yakin itu official Shopee

Yang bahaya adalah jika di SMS atau WA tersebut ada link nya, jangan pernah mengklik link tersebut ya bunda! resikonya tinggi

2. Meminta data rahasia anda

Tadi sudah disebutkan sedikit bahwa Shopee tidak pernah meminta data rahasia pelanggan / user mereka. Baik itu password maupun pin. Alasannya simple saja, jika memang mereka membutuhkan password akun anda, kenapa harus menanyakan pada anda? kan bisa dibuka melalui database mereka kan?

Ya mereka memang tahu password anda, tapi Insya Allah aman. Kalau tidak aman mungkin Shopee tidak sebesar sekarang kan?

Jadi JANGAN PERNAH NEVER EVER memberikan data data seperti password, kata sandi, pin, nama ibu kandung, OTP pada siapapun yang meminta. Termasuk pihak Shopee!

3. Memberikan hadiah secara langsung

Ya memang Shopee kadang memberikan hadiah, tapi tidak mungkin mereka memberikan hadiah dalam bentuk transfer uang! paling mungkin mereka memberikan kode voucher melalui aplikasi Shopee anda, ataupun mengirimkan barang langsung ke alamat anda. Dan kesemuanya itu TANPA PUNGUTAN biaya apapun! ingat TANPA PUNGUTAN biaya!

Modus yang lawas dan masih saja ada adalah meng-iming-imingi hadiah, tapi si calon tertipu diharuskan men-transfer sejumlah uang dengan alasan pajak lah, adiministrasi lah, dan masih banyak lagi. Jadi hati hati ya bunda.


Penipuan Sebagai Penjual


Untuk yang ini sebenernya lebih simple, solusinya cuma 1, yaitu JANGAN PERNAH transfer uang selain ke rekening Shopee dan selain yang dipandu oleh aplikasi Shopee.

Ciri ciri penipuan yang dilakukan orang mengaku penjual di Shopee adalah sebagai berikut:

1. Menjual barang dengan harga tidak wajar

Jika anda menemukan barang impian anda ternyata harganya murah sekali, ini patut anda pertanyakan. kok bisa murah sekali? pasti ada sesuatu. Jika memang ini barang dijual sangat murah, haruslah banyak yang mengulas. Lihat ulasan barang tersebut, jika sudah ada yang ngasih bintang 5 lebih dari 100 orang, Insya Allah memang barangnya benar dan si penjual bukanlah penipu. Tapi ini jarang sekali!

Kenapa 100? karena kalau di bawah itu, si penipu bisa saja membuat fake order untuk memberikan bintang kepada peroduknya

2. Menghubungi anda dan meminta transfer uang

Nah ini yang kami sebutkan di atas, hanya transfer ke rekening Shopee ya! karena ada modus yang mengontak calon tertipu dengan mengatakan bahwa pesanan anda tidak bisa diproses karena alasan yang aneh aneh, lalu anda diminta untuk transfer sejumlah uang ke rekening penipu langsung. Jangan lakukan! Kemungkinan besar ini penipuan

3. Bagaimana jika sudah transfer ke Shopee untuk penjual yang mungkin penipu?

Oh ini ga perlu khawatir.. Karena transaksi di Shopee terkait uang anda itu sangatlah aman. Jika anda merasa bahwa penjual tersebut akan menipu, tinggal batalkan saja pesanan anda tersebut, Insya Allah uang anda kan kembali. Tapi ini kembalinya masuk ke Shopee Pay loh ya.

==

ya sekian saja tips ini, mari kita doakan sama sama para penipu tersebut mendapatkan hidayah dari Allah subhana wataalla untuk segera bertaubat.. amin..