Jual gamis anak perempuan murah

Cara Memberitahukan Berita Buruk Pada Anak

Cara Memberitahukan Berita Buruk Pada Anak


Berita buruk ada dimana-mana, mulai dari terorisme, bencana alam, pembunuhan, pencurian, dst. Apakah kita harus memblokir itu sampai ke telinga anak kita? sebetulnya lambat laun berita itu akan sampai juga ke telinga anak kita, jadi alangkah lebih baik penjelasan berita buruk itu datang dari mulut orang tua, daripada dari mulut orang lain. Berikut tips cara memberitahukan berita buruk pada anak.



1. Tanyakan balik kepada anak


Apabila anak anda menanyakan tentang suatu berita kriminal seperti pembunuhan, tentu mereka akan bertanya dengan detil. Siapa yang meninggal? kenapa dibunuh? dimana terbunuhnya?


Sebelum kita orang tua menjawab pertanyaan tersebut, cobalah tanya balik ke pada anak, mengapa dia menanyakan hal tersebut. Karena menurut penelitian, anak anak bertanya itu biasanya dalam landasan takut kepentingannya terganggu, seperti bermain, mainan, makanan, dst.


Jika memang benar pertanyaannya itu hanya untuk "menjaga" kepentingannya sendiri, berilah ketenangan dengan mengungkapkan bahwa kejadian itu jarang terjadi dan jauh dari tempat anda tinggal.


Namun jika terus bertanya detil tentang berita pembunuhan itu, mulailah jawab dengan apa adanya dan jangan lupa untuk memberikan pelajaran yang bisa diambil dari berita buruk tersebut.



2. Tetap tenang


[caption id="attachment_379" align="alignnone" width="400"]Tetap Tenang Tetap Tenang[/caption]

Ketika anak anda menanyakan hal hal tentang berita buruk seperti pemerkosaan, pembunuhan, terorisme, bencana alam, dst. Jangan panik. Tetaplah tenang dan bertingkahlah seolah-olah ancaman seperti yang ada pada berita tidak akan terjadi pada kita.


Dengan demikian anak anda pun akan merasa lebih aman, dan tidak takut. Setelah itu jawablah pertanyaan dia dengan sabar dan lebih mudah dicerna oleh anak kecil.



3. Ajak dalam kebaikan


[caption id="attachment_380" align="alignnone" width="357"]Ajak dalam kebaikan Ajak dalam kebaikan[/caption]

Di setiap berita buruk terdapat pelajaran yang bisa diambil. Tularkan pembelajaran positif dari berita buruk kepada anak kita.


Sebagai contoh berita tentang pemerkosaan, ajarkanlah kepada anak kita bahwa hal itu terjadi karena ada orang jahat yang mengikuti. Jadi jangan berjalan sendirian di tempat sepi, hindari tempat tempat asing, dan jangan terlalu ramah dengan orang yang baru dikenal. Selain itu bisa ditambahkan juga bahwa agar pemerkosaan tidak terjadi, kita harus menutup aurat kita.



Semoga artikel ini bermanfaat. Mari kita mulai jaga informasi yang datang pada anak kita. Itu tugas orang tua.