Jual gamis anak perempuan murah

Tips Anak Pemalu

Tips Anak Pemalu


Anak pemalu bukanlah sesuatu yang harus disesalkan atau sesuatu yang harus dibanggakan, malu bagi seorang anak kecil adalah hal yang wajar terjadi. Yang perlu diperhatikan adalah bagaimana kita sebagai orang tua dalam merawat anak kita yang pemalu. Berikut tips untuk mendidik anak pemalu.

1. Pemalu bukanlah halangan


Memiliki anak pemalu bukanlah halangan bagi anak anda untuk berkreativitas dan berekspresi. Meskipun anak anda pemalu, jangan tutup kemungkinan dia untuk tampil di muka umum atau untuk bertemu dengan orang baru. Jika rasa pemalu anak dijadikan "tameng" pada anak anda hal ini hanya akan memperburuk rasa percaya diri anak anda.

2. Bicara empat mata


Ajaklah anak anda untuk berbicara empat mata ketika anak anda merasa malu. Ketika berbica empat mata, diharapkan anak anda menumpahkan seluruh apa yang dirasakan tanpa rasa malu sedikit pun. Hal ini bertujuan untuk melatih anak anda dalam mengekspresikan perasaan tanpa rasa malu.

3. Peluk anak anda


Ketika anak anda terlihat memendam berlebihan ekspresinya karena rasa malu, langsung datangi anak anda dengan rasa kasih sayang. Peluk dia, sehingga emosinya terluapkan. Biasanya emosinya akan terluapkan menjadi tangis. Hal ini bertujuan agar anak anda terlatih mengekspresikan sesuatu meskipun bukan ekspresi yang sebenarnya.

4. Terus berlatih


Teruslah melatih kepercayaan diri anak anda sejak dini. Misal jika anak anda sebenarnya suka bernyanyi tapi pemalu, sering sering lah berlatih bernyanyi berdua bersama anda. Lalu sedikit demi sedikit mengajak orang lain berlatih, sehingga anak anda lupa bahwa dia telah bernyanyi di depan banyak orang. Hal ini penting sekali untuk melatih kepercayaan diri.

5. Jangan memaksakan


Jangan paksa anak anda untuk tidak malu akan suatu hal, meskipun itu dalam hal yang benar. Karena sifat pemalu itu mesti dibenahi pelang pelan, tidak bisa langsung hilang begitu saja. Jika kita memaksakan sesuatu pada anak kita yang sedang malu, itu hanya akan memperburuk keadaan.

Itulah 4 tips sederhana bagi anda yang memiliki anak pemalu.

Baca juga: CARA CEPAT MENGHENTIKAN ANAK MENANGIS