baju muslim anak perempuan

Tips Mengurus Bayi Kembar

tips mengurus bayi kembar
bayi kembar lucu
Setelah menerbitkan artikel Tips Hamil Anak Kembar, apakah sudah ada yang berhasil? he he.
Sekarang kami coba bagikan tips untuk mengurus bayi kembar, susah susah gampang loh bun.

Sebenarnya merawat bayi kembar sama saja dengan merawat bayi tidak kembar, namun capek nya double. itu saja. Nah untuk menanggulangi capek yang berlebih dalam mengurus bayi kembar, berikut tips-nya:

1. Saat Menyusui

Diperlukan ASI yang banyak untuk menyusi anak kembar, maka diperlukan langkah yang baik agar ASI sang ibu menjadi banyak. Cara termudahnya adalah dengan banyak makan daun katuk, bayam, wortel, dan lain sebagainya. Hal ini sangat krusial, karena jika kehabisan ASI, sang bayi terpaksa diberikan susu formula, dimana susu formula tentunya tidak lebih baik dari ASI ekslusif.

Ketika menyusui, usahakan selalu menyusui kedua anak kembar anda dengan bersamaan. Tapi tidak perlu melulu dalam satu waktu ya. Bisa bergantian dalam selang waktu 5 menit. karena kalau bersamaan, bisa bisa anda lemas, karena disedot langsung oleh 2 anak anda, apalagi kalau anak anda laki laki, dimana rumornya anak laki laki lebih "rakus" dibanding anak perempuan.

Untuk menanggulangi tidak bersamaan dalam menyusui, bisa disiasati dengan mempersiapkan ASIP (Air susu ibu perah).

2. Saat Mandi

Beda halnya dengan saat menyusui, saat memandikan bayi tidak perlu bersamaan juga tidak apa apa. Namun untuk menjaga siklus mengurus anak kembar, alangkah baiknya usahakan untuk memandikan secara bersamaan. Kerja sama dengan sang ayah akan sangat membantu sekali. Jika sang ayah tidak ada, bisa menggunakan jasa pihak ketiga, seperti tetangga, nenek sang bayi, atau asisten rumah tangga.

Selesai mandi, segera lap badan anak kembar anda. Lakukan sesegera mungkin, agar tidak terjadi menunggu terlalu lama bagi sang bayi yang belum dilap. Dinginnya air, kurang baik untuk bayi apalagi di usia 0 - 6 bulan. Pakaikanlah pakaian yang nyaman.

Oya, bayi kembar itu tidak harus selalu menggunakan baju yang kembar juga ya. Jangan sampai mengusahakan baju yang samaan membuang-buang energi anda, akan lebih baik jika energi anda difokuskan kepada hal hal yang jauh lebih penting, seperti menjaga siklus menyusui.

3. Perlakuan yang sama

Anak kembar sudah bersama sama sejak berada dalam kandungan, dan akan terus menjadi teman dan adik kakak sampai maut memisahkan mereka. Perlakukan mereka dengan sama akan membuat mereka lebih merasakan kasih sayang, dan tidak akan ada iri hati diantara mereka berdua. Hal ini harus diterapkan sejak bayi, dengan demikian orang tua akan terus terbiasa memperlakukan mereka sama.

Saat bayi, perlakuan yang sama itu bisa seperti: sama sama diajak bicara, diajak jalan jalan bersama, digendong keduanya, atau di dalam stroller keduanya, dan masih banyak lagi caranya.

4. Tenang dan tetap berdoa

Mengurus anak kembar menjadi tantangan yang luar biasa bagi sang ibu. Dibutuhkan ketenangan dalam mengurusnya. Jangan sampai terbawa tekanan, sehingga sang ibu menjadi stress. Jika sudah stress, solusi tidak akan lebih mudah untuk didapatkan.

Ajaklah anak kembar anda bermain ke tetangga, selain memberikan suasana baru bagi sang bayi. Tapi juga memberikan pandangan baru bagi anda sebagai orang tua.

Diskusikan dengan ayah sang bayi dalam pembagian tugas mengurus bayi, dengan demikian anda akan menjadi lebih tenang.

Yang terakhir, jangan lupa berdoa ya bun.