baju muslim anak perempuan

Hati Hati Modus Penipuan di Shopee

Logo Shopee
Halo bapak bapak ibu ibu, sudah pada tau Shopee kan? ya ini adalah marketplace yang tergolong baru dan bisa nyalip Tokopedia dan Bukalapak. Progressif-nya Shopee ini adalah andil besar dari fitur free ongkir yang mereka luncurkan.
Beberapa waktu yang lalu kami mendapati ada modus penipuan oleh pihak tak bertanggung jawab ke pelanggan kami di Shopee. Modus penipuan-nya cukup canggih juga, karena kayanya si "penipu" atau "hacker" bisa masuk ke dalam sistem Shopee.

Kronologis


1. Pelanggan kami menanyakan barang gamis anak perempuan yang ia inginkan ready atau tidak, dan meminta bimbingan kami untuk melakukan checkout.

2. setelah berhasil checkout keluarlah tagihan oleh Shopee, dibarengi SMS yang meminta transfer sejumlah yang sama dengan checkout di Aplikasi Shopee. sama persis! aneh kan? untungnya pelanggan kami tersebut cukup kritis, dan menanyakan lagi ke kami apakah benar no rekening yang di sms tersebut. Karena nama penerima rekening yang di sms itu berbeda dengan yang di aplikasi Shopee.


Jumlah transfer checkout di Applikasi Shopee


SMS yang mencoba menipu pelanggan Shopee

3. Jumlah transfer yang diminta si "penipu" sama persis dengan yang di Aplikasi Shopee. Nomor rekeningnya pun sekilas sama dengan no rekening virtual di aplikasi Shopee, tapi dengan nama penerima yang berbeda.

Rekening penipu/hacker di Shopee:

8848002001481694 a.n. Ria Mariana

Rekening asli yang diminta di Applikasi Shopee:

8848002001841694 a.n. Shopee International

bisa dilihat di atas no rekeningnya bisa mirip sekali. Kalau orang yang tidak teliti bisa langsung transfer ke rekening si penipu.


Kesimpulan

  1. FItur Shopee yang free ongkir membuat banyak orang pelosok yang mulai berbelanja online, dan baru "melek" online. Ini adalah sasaran empuk pagi penipu
  2. JANGAN PERNAH memberikan pin atau password anda meskipun ke pihak Shopee
  3. JANGAN PERNAH transfer ke rekening selain no rekening atas nama Shopee
  4. JANGAN PERNAH transfer selain ke rekening yang dicantumkan di aplikasi Shopee
  5. tetap teliti, kritis, dan membaca peraturan ya sebelum membeli barang.

Maju terus e-commerce di Indonesia.