baju muslim anak perempuan

Tips Agar Anak dan Keluarga Sehat

Tips Agar Anak dan Keluarga Sehat

keluarga sehat

Semua orang tua tentu menginginkan anaknya tumbuh dengan sehat, berikut tips dari kami untuk bunda semua untuk menjaga anak dan keluarga tetap sehat.


Pola makanan yang sehat

pola makan sehat


  1. Mulailah hari dengan sarapan yang sehat, sarapan yang baik akan membuat keluarga anda mengarungi hari dengan sehat juga.

  2. Beri kesempatan untuk anak anda menentukan makanan yang dia inginkan, lalu makan bersama. Hal ini akan membuat anak anda merasa senang untuk makan

  3. Makanlah dengan pelan pelan, setidaknya membutuhkan 20 menit untuk otak mengatakan pada tubuh kita bahwa kita sudah kenyang.

  4. Perbanyak makan sayur dan buah segar.

  5. Minumlah yang banyak, menurut saran dokter, jika ingin sehat minimal sehari harus meminum 1.5 liter air putih. JIka lebih banyak lebih baik, karena pencernaan kita akan menjadi bersih.

  6. Sajikan makanan yang bervariasi, hal ini penting untuk membentuk mood keluarga anda untuk makan

Lebih aktif secara fisik


aktif sehat


  1. Banyaklah bergerak bersama. Seperti jalan kaki, bermain bersama anak, atau olahraga bersama. Setidaknya 30-60 menit sehari.

  2. Batasi penggunaan TV, komputer, video game. Maksimal 2 jam sehari, dan perbanyak kegiatan fisik motorik yang dilakukan bersama. Jika bermain dengan anak, posisikan diri anda sebagai teman main, bukan orang tua.

Mulailah kebiasaan sehat


kebiasaan sehat

kebiasaan sehat bisa banyak macam, berikut beberapa diantaranya:



  1. Tulis apa yang anda dan keluarga anda makan. Coba analisis apakah ada pengaruhnya terhadap tingkat kualitas hidup seperti tingkat semangat, keceriaan, dlsb. Jika ternyata ada pengaruh buruk dari apa yang anda makan, segera ganti kebiasaan memakan makanan tersebut.

  2. Catat setiap aktivitas motorik yang dilakukan bersama. Evaluasi setiap minggunya, mana yang baik mana yang kurang baik. Lebih variatif lebih baik, agar anak anda tidak bosan.

  3. Buat target pencapaian berolahraga tiap minggunya. Target tidak perlu bertambah dengan progresif tiap minggunya, yang penting konsisten. Misal saja tambah waktu jogging tiap minggunya menjadi +1 menit sudah cukup. Asal kita konsisten melakukannya itu sudah sangat baik.