baju muslim anak perempuan

Daftar Perlengkapan Ibu dan Bayi Saat Persalinan

Menjelang kelahiran sang buah hati pasti banyak hal yang harus dipersiapkan oleh ayah dan bunda. Salah satu hal yang harus dipersiapkan oleh bunda sebelum persalinan adalah Maternity Bag (Tas yang berisi perlengkapan ibu dan bayi saat persalinan).  Kontraksi persalinan yang seringkali mendadak membuat setiap bunda harus sudah mempersiapkan barang-barang apa saja yang harus dibawa ke rumah sakit/ klinik bersalin.  Maternity bag bisa disiapkan saat usia kehamilan bunda memasuki 8-9 bulan. Berikut daftar perlengkapan ibu dan bayi yang dibutuhkan saat persalinan.


Perlengkapan Ibu


Ibu Hamil
Ibu Hamil


1. Baju Ganti

Bawalah baju ganti/daster 2 stel untuk selama di rumah sakit dan 1 stel baju untuk pulang dari rumah sakit. Lebih baik baju yang dibawa berkancing depan untuk memudahkan bayi saat menyusui.

2. Bra menyusui

2-3 buah bra menyusui untuk memudahkan bunda dan bayi saat proses awal menyusui.

3. Pembalut untuk nifas

Pembalut nifas biasanya disediakan di rumah sakit, namun untuk jaga-jaga bawalah pembalut nifas secukupnya.

4. Kain sarung atau kain panjang

1 buah kain sarung atau kain panjang untuk dipakai bunda saat persalinan.

5. Gurita atau korset

1 buah gurita atau korset agar membantu rahim kembali ke bentuk seperti semula dan mengecilkan perut kembali ke ukuran semula.

6. Perlengkapan mandi

7. Dokumen penting

Dokumen penting yang harus dibawa saat persalinan antara lain KTP, buku catatan kehamilan, kartu asuransi atau kartu BPJS. Dokumen ini jangan sampai tertinggal agar memudahkan proses pendaftaran persalinan di rumah sakit.


Perlengkapan Bayi

Perlengkapan Bayi Baru Lahir
Perlengkapan Bayi Baru Lahir



1. Setelan baju bayi baru lahir

Biasanya sebagian rumah sakit menyediakan baju bayi selama bayi di rumah sakit, namun sebagian rumah sakit juga tidak menyediakan baju bayi sehingga ibu harus menyiapkan baju bayi tersebut. Bawalah baju bayi 4-6 stel untuk digunakan di rumah sakit.

2. Popok bayi

Bawalah 1 lusin popok kain bayi karena pada awal kehidupannya bayi akan sering buang air kecil maupun buang air besar.

3. Bedong dan selimut bayi

3-4 buah bedong dan 1 buah selimut bayi.

4. Topi, sarung tangan, sarung kaki

1 buah topi, 2-3 pasang sarung tangan dan sarung kaki.

5. Perlengkapan mandi bayi dan minyak telon



Nah, itulah perlengkapan ibu dan bayi yang perlu disiapkan saat persalinan. Jangan lupa kabari suami dimana lokasi penyimpanan maternity bag di dalam rumah, sehingga bunda dapat fokus dengan hal yang lain jika kontraksi persalinan sudah mulai terasa. Semoga bermanfaat.