baju muslim anak perempuan

Parents, Jangan Lupakan Kewajiban Orang Tua Terhadap Anak Berikut Ini

Kewajiban orang tua terhadap anak
Kewajiban orang tua terhadap anak


Memiliki anak adalah sebuah anugerah sekaligus amanah yang patut disyukuri oleh setiap pasangan. Dalam Islam, setiap anak dilahirkan dalam keadaan fitrah, dan orang tualah yang membuat mereka memiliki karakter—baik atau buruknya.

Mendidik serta membesarkan anak merupakan pekerjaan mulia yang nantinya akan mendatangkan kebaikan bagi orang tua. Tak ubahnya pekerjaan lain, ada hak dan kewajiban yang tidak boleh dilewatkan. Berikut adalah beberapa kewajiban orang tua terhadap anak yang harus diperhatikan.

1. Memberikan Nama

Manusia lahir ke dunia dalam keadaan suci dan belum berdaya. Orang tua wajib memberikan nama dengan arti yang baik sebagai bagian dari doa untuk perjalanan hidupnya mendatang.

2. Memberi Nafkah
Memberi Nafkah
Memberi Nafkah 

Dari masa kecil hingga akhirnya anak bisa mandiri, kewajiban orang tua terhadap anak dalam memberikan nafkah yang halal. Nafkah yang dimaksud bisa berupa makan, minum, pakaian, pendidikan, serta tempat bernaung.

Apa yang diberikan orang tua kepada anak haruslah bersumber dari pendapatan yang halal serta baik. Anak yang dibesarkan dengan nafkah dan cara yang halal akan tumbuh menjadi anak yang berakhlak baik.

3. Mengajarkan Agama

Ajaran agama bagi anak haruslah dimulai sejak dini. Pengenalan mengenai cara ibadah, bersedekah, puasa, dan kewajiban agama lainnya sebaiknya diajarkan dengan cara yang lemah lembut serta dimulai dari orang tua sebagai teladannya.

Mengajarkan agama Islam yang baik kepada anak akan menjadi bekalnya nanti di akhirat. Tentu, anda pun ingin memiliki anak yang saleh yang bisa mendoakan kedua orang tuanya kelak, bukan?

4. Menjamin Pendidikan
Menjamin Pendidikan
Menjamin Pendidikan

Pendidikan formal selain pengajaran agama penting untuk bekalnya di dunia. Orang tua wajib membekali anak dengan pendidikan dan pengetahuan yang cukup agar anak bisa menjalani kehidupannya dengan baik bahkan setelah orang tua tidak lagi mendampingi.

5.  Membentuk Anak Berakhlak Baik

Kesempurnaan agama Islam terletak pada kesempurnaan akhlak seorang muslim. Dengan akhlak yang baik, seseorang pastinya bisa menjalani kehidupan dunia dan akhirat dengan baik. Ibarat sebuah pohon, akidah agama adalah kuatnya akar, ibadah adalah kokohnya batang pohon, dan buah adalah akhlak yang baik yang bisa dinikmati diri sendiri dan orang banyak.

6.  Bersikap Adil
Bersikap Adil
Bersikap Adil

Terlebih jika anda memiliki lebih dari satu anak, menjadi adil bagi seluruh anak adalah salah satu kewajiban orang tua terhadap anak. Bersikap adil bukan hanya akan memberikan contoh yang baik bagi anak, tetapi juga membangun mentalnya menjadi kuat serta tidak mudah rendah diri.

7.  Mengkhitan Anak Laki-Laki

Hadis Riwayat Muslim pernah menyebutkan dari Abu Hurairah mengenai sabda Rasulullah SAW yang berkata, “Fitrah itu ada lima, atau lima dari fitrah yaitu pertama adalah khitan, kedua mencukur rambut kemaluan, ketiga memotong kuku, keempat mencabut bulu ketiak, dan kelima adalah memotong kumis.”

Dengan begitu, orang  tua wajib melaksanakan khitan bagi anak laki-lakinya yang dianggap sudah cukup usianya. Kecukupan usia dilihat dari kondisi fisik dan mental anak tersebut.

8. Kasih Sayang

Kasih Sayang
Kasih Sayang




Yang terakhir dan yang terpenting adalah orang tua wajib memberikan dan menunjukkan kasih sayangnya terhadap anak. Anak yang tumbuh di lingkungan yang penuh rasa sayang akan tumbuh menjadi anak yang cerdas, ceria, serta bijaksana.



Setiap orang tua pasti menginginkan kebaikan bagi anak-anaknya. Terkadang, orang tua mungkin saja lalai karena perbuatan anak yang sedikit nakal, atau karena disibukkan dengan urusan dunia yang lain. Namun begitu, jika mengingat dan menjalani kewajiban orang tua terhadap anak di atas, tentunya kehidupan di rumah pun akan terasa lebih damai, rukun, serta sejahtera.