baju muslim anak perempuan

Mendidik Anak dalam Islam: Panduan Singkat bagi Orang Tua Masa Kini


mendidik anak dalam Islam
mendidik anak dalam Islam - Mendidik Anak dalam Islam: Panduan Singkat bagi Orang Tua Masa Kini  - celikalquran.com

Seiring berjalannya waktu, pola pendidikan orang tua terhadap anak pun mengalami pergeseran. Banyak faktor yang memengaruhi hal ini, dari mulai faktor pengetahuan, teknologi, serta tingkat kecerdasan anak yang nampaknya semakin mudah untuk menyerap banyak hal sejak kecil.
Nyatanya, kemajuan zaman juga membawa kekhawatiran tersendiri bagi para orang tua. Kekhawatiran bahwa anak akan mempelajari hal-hal negatif di luar rumah, beranjak menjauh dari akidah saat beranjak dewasa, dan banyak kekhawatiran lainnya.
Untuk menghindari hal-hal tersebut, nampaknya orang tua juga harus lebih kreatif lagi dalam menerapkan pola didikan bagi anak. Dengan mempelajari cara mendidik anak dalam Islam , orang tua akan lebih siap lagi menghadapi perubahan zaman yang semakin pesat.

Mendidik anak dalam Islam , Mempersiapkan  Kehidupan Dunia dan Akhirat

mendidik anak dalam Islam

Mendidik anak dalam Islam , Mempersiapkan  Kehidupan Dunia dan Akhirat - Mendidik Anak dalam Islam: Panduan Singkat bagi Orang Tua Masa Kini - ummi-online.com

Pendidikan anak dalam Islam dimulai sejak anak baru lahir hingga dewasa. Ketika baru lahir ke dunia, beberapa kewajiban orang tua adalah memberi nama yang baik, melaksanakan akikah, serta memberikan ASI.


Sepanjang anak masih bergantung kepada orang tua, orang tua pun wajib memberikan nafkah dari pendapatan yang halal. Hal ini adalah sebuah awal yang akan menjadi fondasi menuju kebaikan yang sesuai dengan ajaran agama Islam.
Setelah itu, orang tua wajib memberikan pendidikan formal seperti sekolah serta pendidikan agama di rumah dan lingkungan. Dengan begitu, keseimbangan mengenai kaidah kehidupan di dunia dan akhirat bisa tercapai.
Dengan mengajarkan agama dengan benar, anak pun akan memiliki akhlak yang baik. Akhlak yang baik akan menjadikan anak berguna bagi diri sendiri dan lingkungannya.

Mendidik Anak Penuh Kelembutan Khas Islam

mendidik anak dalam Islam
Mendidik Anak Penuh Kelembutan Khas Islam - Mendidik Anak dalam Islam: Panduan Singkat bagi Orang Tua Masa Kini - Fimadani.com

Hadis Riwayat Al-Bukhari menyebutkan dari Aisyah, istri Rasulullah SAW, bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya Allah mencintai kelembutan dalam segala hal”. Ini mencerminkan bahwa kelembutan adalah cara khas Islam dalam menjalani hidup, termasuk mendidik anak dalam Islam.

Selain itu, mengasuh anak dengan kelembutan juga akan memberikan teladan yang baik kepada mereka. Anak akan belajar untuk mencintai dan menaati orang tuanya dengan cara yang lemah lembut. Cara mendidik anak dalam Islam dengan kelembutan terbukti lebih efektif dibandingkan dengan cara disiplin yang terlalu keras, yang dapat membentuk anak menjadi pribadi yang keras kepala serta penuh rasa takut.

Agar Anak Mandiri: Menanamkan Rasa Muraqabah

mendidik anak dalam Islam
Agar Anak Mandiri: Menanamkan Rasa Muraqabah - Mendidik Anak dalam Islam: Panduan Singkat bagi Orang Tua Masa Kini - parenting.dream.co.id

Perasaan muraqabah adalah perasaan selalu diawasi oleh Allah SWT. Dengan bersikap muraqabah, anak memiliki kesadaran untuk selalu mengikuti perintah dan menjauhi larangan Allah. Tentunya, hal tersebut akan berdampak baik terutama pada kehidupan anak sehari-hari.
Cara untuk menanamkan perasaan muqarabah adalah dengan memberitahu bahwasanya Allah SWT maha mengetahui bahkan apa yang ada di dalam batin manusia. Tidak ada satu pun perbuatan dan ucapan yang bisa disembunyikan dari Allah, karena  setiap perbuatan baik dan buruk memiliki balasannya masing-masing.
Dasar-dasar perilaku muraqabah harus diajarkan sejak dini sehingga nantinya anak akan terbiasa sadar akan setiap hal yang dilakukan dan diucapkannya. Muraqabah juga membentuk anak menjadi pribadi yang jujur dan tidak akan pernah melalaikan kewajibannya.
Mendidik anak dalam Islam sesungguhnya tidaklah sulit. Hampir semua aspek kehidupan dari mulai anak baru lahir hingga dewasa sudah dapat ditemukan dalam kitab suci Alquran dan hadis-hadis sahih.




Bagi orang tua, tidak perlu khawatir akan rasa lelah yang terkadang hadir saat mendidik anak. Namun, kesalehan anak nantinya akan menjadi bekal yang berguna bagi orang tua menuju akhirat.