baju muslim anak perempuan

Parenting Islami, Mendidik Anak Balita Sesuai Ajaran Agama


parenting islami-Parenting Islami, Mendidik Anak Balita Sesuai Ajaran Agama-Kameron M. Franklin


Parenting islami memiliki cara-cara khas dalam mendidik anak. Terapkan di rumah utnuk anak balita tercinta.

Bayi yang berusia di bawah lima tahun sedang berada periode emas perkembangannya. Di masa balita ini, mereka mengalami tumbuh dan kembang yang pesat dari segi fisik, mental, serta kecerdasan. Inilah mengapa, bayi di usia ini membutuhkan perhatian yang cukup besar dari kedua orang tua.

Tentu saja, orang tua muslim di mana pun ingin menerapkan parenting islami untuk anak balitanya. Nah, beberapa hal sederhana berikut ini bisa menjadi ide bagi Anda mendidik anak balita sesuai dengan ajaran agama.

Mengajaknya ke Masjid Sejak Dini

parenting islami

Mengajaknya ke Masjid Sejak Dini-Parenting Islami, Mendidik Anak Balita Sesuai Ajaran Agama-Pintu Kabah


Anak usia 1 hingga 2 tahun sudah bisa diajak untuk mengikuti salat jemaah di masjid walaupun belum sempurna tata salatnya. Di sana, anak akan melihat bagaimana umat Islam salat berjemaah, bagaimana panggilan azan, serta bagaimana makmum mengikuti imam.


Dalam menerapkan parenting islami, orang tua harus mengajarkan bagaimana cara menghormati orang yang sedang salat dengan tidak berisik dan berperilaku baik. Dengan cara ini, anak bisa belajar banyak tentang semangat umat Islam di lingkungan masjid.

Ketika anak menginjak usia 5 tahun, Anda sudah boleh mulai mengajaknya bangun untuk melaksanakan salat subuh. Mengajarkannya untuk bangun dan beraktivitas sejak pagi akan memupuk kerajinannya dan akan berguna hingga nanti ia dewasa.

Mengajarkan Arah, Satu Langkah Penting dalam Parenting islami

parenting islami

Mengajarkan Arah, Satu Langkah Penting dalam Parenting islami-Parenting Islami, Mendidik Anak Balita Sesuai Ajaran Agama-Tau Nggak

Ketika anak menginjak usia 3 hingga 4 tahun, mereka sudah mulai belajar mana tangan kanan dan kiri, mana atas dan bawah. Anda perlu memberitahunya mengenai kebaikan melangkah dengan kaki kanan terlebih dahulu ketika masuk rumah, makan pakai tangan kanan, serta tata cara berwudu.

Secara bertahap, Anda akan mengajarinya mengenai arah kiblat yang berkaitan dengan arah terbit dan terbenamnya matahari. Anak pada usia ini akan sangat mudah menangkap informasi sehingga Anda harus berhati-hati tentang hal apa saja yang akan Anda sampaikan.

 Salah Satu Ciri Parenting islami: Penuh Kelembutan

Parenting Islami
  Salah Satu Ciri Parenting islami: Penuh Kelembutan-Parenting Islami, Mendidik Anak Balita Sesuai Ajaran Agama-APPLE TREE PRESCHOOL BSD

Mendidik anak balita sering kali menguji kesabaran karena komunikasi belum terjalin dengan lancar. Anak mungkin belum memahami benar yang dibicarakan oleh orang tua, dan orang tua pun tidak bisa menangkap terutama jika anak masih belum berbicara dengan jelas.

Di sinilah parenting islami berperan. Dengan penuh kelembutan, hambatan tersebut bisa dilewati dengan baik. Setiap muslim wajib memperlakukan orang lain dengan lembut terutama anak, anggota keluarga, dan sesama muslim.

Menggunakan kelembutan berarti orang tua tidak memberikan hukuman keras terhadap anak jika melakukan kesalahan. Pengertian yang disampaikan secara lemah lembut pun akan lebih mudah ditangkap oleh anak dibandingkan pengertian yang dibarengi dengan kekerasan.

Anak balita yang dididik dengan penuh kelembutan juga akan memiliki mental yang lebih kuat dan positif serta tidak memiliki sifat memberontak. Anak pun akan lebih tidak emosional dibandingkan dengan anak yang dididik secara otoriter.

Menyeimbangkan Pendidikan Formal dan Pendidikan Agama

Menyeimbangkan Pendidikan Formal dan Pendidikan Agama-Parenting Islami, Mendidik Anak Balita Sesuai Ajaran Agama-Pesantren Tahfidz Akbar

Jika Anda memutuskan anak balita Anda sudah cukup usia untuk menghadiri sekolah formal, jangan lupa untuk mengimbanginya dengan pendidikan agama. Anak bisa pergi ke taman kanak-kanak di pagi hari, dan mengunjungi taman pendidikan Alquran di sore hari.




Cara ini wajib Anda terapkan dalam parenting islami Anda agar membentuk anak yang saleh dan cerdas. Selama Anda sebagai orang tua mendampingi setiap langkah pendidikannya, anak akan bisa mengikuti semua pelajaran yang ia dapatkan dari sekolah, rumah, dan lingkungannya.
Tujuan parenting islami adalah membentuk anak yang kuat, cerdas, jujur, serta saleh. Menyeimbangkan pendidikannya dengan pendidikan yang bernuansa islami akan membangun pribadinya menjadi seseorang yang taat agama serta jauh dari larangan Allah SWT.