baju muslim anak perempuan

Parenting di Indonesia, Sudahkah Efektif dalam Mendidik Anak?


parenting indonesia
parenting Indonesia - Parenting di Indonesia, Sudahkah Efektif dalam Mendidik Anak? - nurilmuhammad.com


Setiap negara memiliki pola pengasuhan anak yang berbeda. Tak mengherankan, karena latar belakang sosial budaya yang dimiliki pun tidak sama. Namun, tujuannya hanya satu, bagaimana membuat anak tumbuh menjadi pribadi yang membanggakan, berprestasi, dan berakhlak baik. Lalu, apakah pola asuh anak atau parenting Indonesia sudah bisa dinilai efektif dalam mendidik sang buah hati?

Parenting Indonesia dan Barat, Mana yang Lebih Baik?
parenting Indonesia
Parenting Indonesia dan Barat, Mana yang Lebih Baik? - Parenting di Indonesia, Sudahkah Efektif dalam Mendidik Anak? - schoolofparenting.id

Coba tengok sejenak bagaimana penduduk Amerika Serikat mendidik anak-anak. Bagi orang tua di negara adikuasa tersebut, anak adalah harta yang tak ternilai harganya dan harus dididik dengan cara yang tepat serta mengedepankan sifat bijak. Kekerasan bukan menjadi suatu solusi setiap kali sang anak melakukan kesalahan. Sebagai gantinya, orang tua di Negeri Paman Sam tersebut akan memberikan pengertian yang membuat anak lebih mengerti akan kesalahan yang dilakukannya.

Sementara itu, orang tua di Indonesia masih kerap menggunakan cara yang keras dalam menghukum anak apabila ia melakukan kesalahan. Cara seperti memukul, menjewer, menyubit, dan memaki anak masih kerap terjadi di Tanah Air. Padahal, memarahi anak hanya akan menambah masalah baru, sekaligus membuat anak tidak percaya diri dan selalu takut salah ketika ia dewasa nanti.

Selain itu, orang tua di Indonesia masih harus bekerja keras untuk memenuhi segala keperluan sang buah hati. Kondisi ini sangat berbeda dengan bagaimana orang tua di Amerika Serikat mendidik anak yang mengharuskan anak untuk mandiri dan berusaha mendapatkan apa yang diinginkan tanpa bergantung pada orang tua. Menilik dari kedua kasus ini, apakah parenting Indonesia sudah efektif dalam mendidik sang buah hati?

Mendidik Anak dengan Parenting Positif
Jawabannya mungkin belum, karena masih ada cara-cara yang dirasa kurang tepat dalam pola asuh yang dilakukan oleh orang tua Indonesia. Menggunakan cara kasar adalah salah satunya. Lalu, berusaha memenuhi segala keinginan sang buah hati. Cara ini sebenarnya tidak salah, tetapi jika terus-menerus dilakukan, anak akan bergantung pada orang tua dan menjadi manja. Ia akan malas untuk bekerja keras, terlebih jika ayah dan ibunya berasal dari keluarga yang terbilang mampu.

Mungkin, orang tua Indonesia perlu memperbaiki pola asuh anak dengan metode parenting positif, dengan cara-cara seperti berikut:

1. Lebih Mengenali Perkembangan Sang Buah Hati
parenting Indonesia
Lebih Mengenali Perkembangan Sang Buah Hati - Parenting di Indonesia, Sudahkah Efektif dalam Mendidik Anak? - sangbuahhati.com

Orang tua harus mengenali perkembangan sang buah hati dari segala aspek, mulai dari segi kognitif, kemampuan anak bersosialisasi, kemampuan fisik, juga bakat dan keahlian anak yang lain. Ini penting untuk menjembatani anak melakukan aktivitas yang disukainya demi menyambut masa depannya yang lebih gemilang.

2. Berusaha Meluangkan Waktu
parenting Indonesia
Berusaha Meluangkan Waktu - Parenting di Indonesia, Sudahkah Efektif dalam Mendidik Anak? - taranatureepa.co.id

Sesibuk apapun, luangkan waktu untuk sang buah hati. Ini akan membuat anak merasa dibutuhkan dan diperhatikan. Jangan sampai anak tumbuh dalam kondisi yang kurang perhatian, karena ini tidak baik untuk perkembangan psikologisnya. Temani ketika ia bermain dan bantulah ketika ia belajar adalah hal termudah yang bisa dilakukan.

3. Berikan Pujian dan Motivasi
parenting Indonesia
Berikan Pujian dan Motivasi - Parenting di Indonesia, Sudahkah Efektif dalam Mendidik Anak? - sangbuahhati.com

Anak senang akan pujian, terlebih ketika ia berhasil mewujudkan apa yang menjadi cita-cita orang tuanya. Oleh karena itu, jangan segan untuk memberi pujian atas keberhasilannya, dan tetap berikan dukungan serta motivasi agar ia semakin giat berusaha untuk mencapai yang lebih baik lagi.



Melalui cara-cara di atas, diharapkan parenting Indonesia akan lebih baik dalam mendidik anak-anak di masa depan. Terlebih dengan perkembangan zaman yang semakin modern dan kemajuan teknologi yang semakin pesat. Selalu bijak dan “awas” pada setiap perubahan dengan mendampingi anak pada setiap kesempatan adalah yang paling baik.