baju muslim anak perempuan

5 Fakta Menarik Seputar Pendidikan Anak di Usia Dini (PAUD)

Pendidikan Anak di Usia Dini
Pendidikan Anak di Usia Dini - 5 Fakta Menarik Seputar Pendidikan Anak di Usia Dini (PAUD) - blogs.worldbank.org


Terbentuknya kepribadian anak yang gemilang tentu tak pernah dari peran pendidikan. Inilah mengapa anak perlu mengenyam pendidikan di bangku sekolah, mulai dari prasekolah (PAUD), TK, SD, SMP, SMA, hingga menuju Perguruan Tinggi. Di sekolah, anak tak hanya belajar teori-teori dan praktik beberapa mata pelajaran, tetapi juga belajar bekerjasama dan bersosialisasi dengan orang lain. Intinya, pendidikan anak turut menjadi hal penting dalam membangun hubungan emosional sekaligus sosial.

Pendidikan yang diterapkan pada setiap negara pun tidak sama. Kondisi ini bergantung pada iklim, agama, dan perkembangan sosial budaya dari penduduk masing-masing negara. Ternyata, hasil survei yang dilakukan oleh Benesse Educational Research and Development (BERD) Institute pada negara China, Jepang, Indonesia, dan Finlandia menemukan beberapa fakta unik terkait pendidikan anak pada usia dini, yaitu:

 Pendidikan Anak dan Waktu Bangun Tidur

pendidikan anak di usia dini

Pendidikan Anak dan Waktu Bangun Tidur - 5 Fakta Menarik Seputar Pendidikan Anak di Usia Dini (PAUD) - abiummi.com




Hasil survei menunjukkan fakta bahwa anak-anak Indonesia cenderung bangun lebih pagi dibandingkan dengan ketiga negara lainnya. Rentang waktu anak bangun setiap paginya adalah antara pukul 05.30 hingga 06.00 WIB. Prosentase anak yang terbangun pada pukul 05.30 WIB adalah sebesar 11,1%, dan sebanyak 31,9% terbangun menjelang pukul 06.00 WIB.

Sementara itu, anak-anak yang hidup di China, Jepang, dan Finlandia mayoritas bangun pagi pada pukul 07.00 waktu setempat. Kondisi ini disebabkan karena hampir semua sekolah di Indonesia dimulai pada pagi hari, ditambah lagi dengan kewajiban umat muslim untuk beribadah subuh.

 Waktu yang Dihabiskan di Sekolah Anak

Pendidikan Anak di Usia Dini
waktu yang di habiskan di sekolah anak- 5 Fakta Menarik Seputar Pendidikan Anak di Usia Dini (PAUD) - liputan6.com

Meski begitu, ternyata waktu yang dihabiskan anak di sekolah, khususnya untuk pendidikan anak usia dini (PAUD) jauh lebih singkat dibandingkan dengan ketiga negara yang lain. Bahkan, anak-anak asal Jepang, Finlandia, dan China menghabiskan hingga delapan jam di sekolah PAUD, sementara di Indonesia, total waktu yang dihabiskan anak di PAUD hanyalah selama empat jam.

Tak mengherankan, karena mayoritas wanita di tiga negara lain tersebut turut bekerja demi memenuhi kebutuhan hidup, membuat anak harus menghabiskan lebih banyak waktu di sekolah. Kondisi ini berbeda dengan wanita atau ibu di Indonesia, yang lebih banyak memilih menjadi ibu rumah tangga setelah menikah dan memiliki anak.

 Pendidikan Anda dan Pola Pengasuhannya

Pendidikan Anak di Usia Dini

 Pendidikan Anda dan Pola Pengasuhannya - 5 Fakta Menarik Seputar Pendidikan Anak di Usia Dini (PAUD) -alaytbayi.net



Pendidikan anak pada usia dini tidak hanya dilihat dari aktivitas luar, tetapi juga di dalam rumah, ketika berinteraksi dengan keluarga, terutama pada ibu. Para ibu di Indonesia beranggapan bahwa penerapan kebiasan sehari-hari yang baik, menjaga kesehatan, dan bersosialisasi adalah tiga hal penting dalam pengasuhan sang buah hati. Jika anak menguasainya pada usia tiga tahun, maka kemampuan emosional berikut sosialnya akan lebih baik di masa depan. Inilah mengapa mengajarkan kebiasaan baik harus dimulai sedini mungkin.

 Harapan Orang Tua Terkait Masa Depan Sang Anak

Pendidikan Anak di Usia Dini

 Harapan Orang Tua Terkait Masa Depan Sang Anak - 5 Fakta Menarik Seputar Pendidikan Anak di Usia Dini (PAUD) - hipwee.com


Fakta ini cukup unik, karena ternyata sebesar 75,8% orang tua di China, Indonesia, dan Finlandia berharap anak-anak akan tumbuh besar menjadi seseorang dengan sifat penyayang, terutama terhadap keluarga. Namun, tidak dengan Jepang. Di Negeri Sakura ini, orang tua menaruh harapan besar pada anak untuk dapat hidup mandiri setelah dewasa.

 Pribadi Sang Buah Hati

Pendidikan Anak di Usia Dini

Pribadi Sang Buah Hati - 5 Fakta Menarik Seputar Pendidikan Anak di Usia Dini (PAUD) - orami.co.id


Tidak sedikit orang tua yang berharap anak dapat menjadi penerus cita-cita keluarga. Kepercayaan yang kuat membuat mayoritas penduduk Indonesia memiliki lebih dari dua anak, karena bagi mereka, kehadiran anak membuat orang tua merasa aman, karena di usia senja, anaklah yang akan merawat dan menjaga mereka.



Itu tadi lima fakta unik terkait pendidikan anak pada usia belia. Masa depan anak adalah hasil ukiran tangannya, dan sebagai orang tua, bantulah ia untuk mewujudkan segala hal yang terbaik untuknya. Jangan batasi keinginannya, biarkan ia tumbuh menjadi pribadi yang diinginkannya. Semoga bermanfaat.