baju muslim anak perempuan

Bagaimana Caranya Agar Ibu Rumah Tangga Tetap Memiliki Pergaulan yang Luas?

Menjadi seorang ibu rumah tangga bukan berarti kudet (kurang update) dan nggak bisa bergaul. Ibu rumah tangga pun perlu pergaulan yang luas dan perlu untuk bisa bersosialisasi dimanapun berada. Nah, kali ini Bajuyuli akan memberikan beberapa tips yang bisa ibu coba agar tetap memiliki pergaulan yang luas.
Bagaimana Caranya Agar Ibu Rumah Tangga Tetap Memiliki Pergaulan yang Luas?
Bagaimana Caranya Agar Ibu Rumah Tangga Tetap Memiliki Pergaulan yang Luas?

1. Aktif di Sosial Media

Sekarang ini, semua hal sudah bisa dilakukan dengan memanfaatkan teknologi. Informasi dan sosialisasi pun kian dipermudah oleh teknologi. Ibu kini bisa memanfaatkan media sosial untuk tetap gaul. Ibu bisa tetap ngobrol bareng teman-teman sekolah atau mungkin dengan tetangga melalui media sosial. Selain itu, kini media sosial juga telah menjadi media informasi yang cukup baik sehingga ibu juga bisa jadi tidak ketinggalan informasi-informasi terupdate di sekitar ibu. Beberapa sosial media yang perlu ibu coba diantaranya:
  • Facebook
  • Instagram
  • WhatsApp

2. Ikut Kajian Islam (pengajian)

Ibu juga bisa memanfaatkan waktu luang yang ibu miliki untuk mengikuti kajian islam. Selain menambah ilmu, tentu saja ibu akan memperluas pergaulan ibu karena di kajian tersebut, ibu akan bertemu dengan orang-orang baru, berkenalan dan mungkin menjalin hubungan yang lebih panjang lagi. Terlebih, beberapa waktu kebelakang banyak pengurus DKM yang mulai menghidupkan masjid dengan merutinkan kegiatan kajian islami. Jadi, sangat besar kesempatan ibu untuk memperluas pergaulan.

3. Aktif di Kegiatan Sosial/ Masyarakat

Bila ibu sangat senang aktivitas sosial, silahkan ibu maksimalkan hal tersebut untuk memperluas pergaulan. Banyak Charity Organization atau Event Organizer yang sering membutuhkan sukarelawan untuk kegiatan sosial mereka, terutama di Indonesia. Ridwan Kamil mengatakan bahwa negara Indonesia adalah salah satu negara dengan tingkat peduli sosial yang tinggi serta negara dengan tingkat kesukarelawanan yang besar. Bergabunglah menjadi bagian dalam kegiatan-kegiatan seperti itu. Meski melelahkan, namun relasi yang dibangun dari kegiatan seperti tebilang luas.

4. Mengikuti Kelas/ Seminar/ Pelatihan Khusus

Khusus ibu yang gemar mengembangkan kemampuan diri dan selalu senang untuk belajar hal baru. Silahkan ibu ikuti kelas khusus/ seminar/ pelatihan khusus tentang skill tertentu, misalnya memasak atau melukis. Kelas seperti ini pasti diikuti setidaknya 10-15 orang setiap kelasnya. Itu berarti, selain mengasah kemampuan, ibu juga memperluas relasi dan kenalan ibu dengan 10 sampai 15 orang baru. Luar biasa, bukan?

5. Piknik/ Jalan-jalan

Mungkin istilah anak muda zaman sekarang, 'kurang piknik!', adalah istilah yang tepat bagi ibu yang merasa pergaulannya kurang luas setelah menjadi ibu rumah tangga. Coba ibu pergi sekali-kali. Belanja ke mall bersama ibu-ibu lain bukan untuk menghambur uang tapi semata untuk memperluas pergaulan dan mengetahui hal baru di sekitar. Ibu juga bisa mencoba pergi ke tempat-tempat rekreasi bersama keluarga. Semakin sering ibu piknik, semakin pergaulan ibu bertambah luas.

6. Belanja Sayur di Pedagang Keliling

Cara yang terbilang konvensional tapi efektif untuk ibu coba adalah dengan berbelanja sayur bersama dengan ibu-ibu lain di pedagang sayur keliling. Sambil memilah-memilih sayur selalu ada perbincangan diantara ibu tentang isu-isu terbaru. Selama itu bukan kejelekan orang lain, tak ada salahnya ibu tahu. Belum lagi, titel 'emak-emak' yang selalu tahu harga pasar meski belum mengunjungi pasar hari itu. Informasi-informasi dari obrolan sederhana seperti itu sudah cukup membuat ibu mempunyai pergaulan yang luas. Pergaulan luas diantara rumpun tetangga.

Itulah beberapa tips and trick agar ibu rumah tangga tetap memiliki pergaulan yang luas. Silahkan ibu pilih tips yang paling nyaman untuk ibu coba dan langsung praktekkan. Selamat mencoba dan sampai jumpa di artikel Bajuyuli lainnya.