baju muslim anak perempuan

Cara Menghemat Uang Belanja Bulanan untuk Ibu Rumah Tangga

cara menghemat uang belanja bulanan
Cara Mengehemat Uang Belanja Bulanan
Selain tugasnya untuk mengurus segala pekerjaan rumah tangga, seorang ibu juga memiliki peran penting dalam mengatur uang dalam keluarga. Mulai dari uang untuk listrik rumah, air, pengeluaran sehari-hari sampai uang untuk belanja bulanan. Dengan banyaknya pengeluaran yang harus diatur, seorang ibu seringkali lupa untuk menghemat dan meminimalisir pengeluaran tiap bulannya. 

Pada artikel kali ini, Blog Bajuyuli akan memberi informasi mengenai cara-cara sederhana apa saja yang bisa ibu lakukan untuk menghemat uang belanja bulanan. 

Cermat dalam mencari promo atau diskon

berburu diskon
Berburu Diskon
Dengan perkembangan teknologi dan pencarian informasi yang semakin mudah, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencari tau info-info diskon. Ibu bisa mencari-cari market yang sedang mengadakan diskon ini melalui internet.

Selain itu, berbelanja pada marketplace online bisa juga dijadikan opsi pintar. Karena marketplace-marketplace ini seringkali menawarkan banyak voucher belanja dan promo diskon pada produk-produk yang dijualnya dalam kurun waktu tertentu. Hal ini bisa mempermudah ibu untuk menghemat uang belanja bulanan. Contoh marketplace tersebut yaitu seperti Shopee, Bukalapak, Lazada, Tokopedia, dan lain-lain.

Namun, jangan sampai perburuan barang diskon ini malah menjadi boomerang bagi ibu dan malah membuat ibu kalap dalam berbelanja. Sehingga, barang yang tidak terlalu perlu pun malah dibeli. Hal ini akan berakibat fatal pada kondisi keuangan keluarga. 

Jangan lelah membandingkan harga sebelum membeli

Jangan lelah membandingkan harga sebelum membeli
Jangan lelah membandingkan harga sebelum membeli
Jika berbelanja dengan metode ini, keuntungannya adalah ibu bisa mendapatkan barang dengan kualitas yang tidak berbeda namun dengan harga yang lebih murah. Jika cara ini dilakukan rutin secara terus menerus, ibu bisa mengehemat seribu-dua ribu rupiah setiap berbelanja.

Buat rencana prioritas belanjaan 

buat rencana prioritas belanjaan
Buat Rencana Prioritas Belanjaan
Sebetulnya, cara ini merupakan metode pencegahan agar ibu fokus pada barang-barang apa saja yang harus dibeli tanpa berbelanja barang-barang lain yang tidak terlalu dibutuhkan.

Apalagi, seorang ibu seringkali lupa akan barang apa yang wajib dibeli dan malah membeli barang yang tidak terlalu perlu. Cara ini cukup ampuh untuk mencegah hal tersebut terjadi.  

Pisahkan setiap pengeluaran dengan amplop 

Pisahkan setiap pengeluaran dengan amplop
Pernah dengar metode mengatur uang belanja dalam 31 amplop ala Syukri Muhamad Syukri? Metode ini diterapkan Syukri dengan cara menyiapkan 31 amplop setiap bulan. Amplop-amplop itu diisi uang belanja untuk tiap harinya. Dengan cara ini, perencanaan ibu untuk pengeluaran belanja bulanan bisa lebih teratur.

Para ibu rumah tangga bisa membaca artikel 31 Amplop Ala Syukri Muhammad Syukri untuk referensi lebih lanjut. 

Namun, jika metode 31 amplop malah terasa lebih ribet, ibu tetap bisa mencoba metode money saving menggunakan amplop ini. Pisahkan setiap pengeluaran untuk listrik, air, makan sehari-hari, hingga uang belanja bulanan pada amplop yang berbeda. 

Simpan bahan makanan dengan baik

simpan bahan makanan dengan baik
Simpan bahan makanan dengan baik
Cara ini tentu ampuh untuk berhemat. Namun yang perlu diingat, perhatikan juga kondisi dan masa kadaluarsa dari bahan-bahan makanan tersebut. Jangan sampai karena saking ingin berhemat malah mengkonsumsi makanan yang sudah tidak layak untuk dimakan.


Masih banyak cara yang mampu dilakukan untuk menghemat uang belanja bulanan bagi ibu rumah tangga. Selain cara-cara diatas, ibu juga bisa mencari informasi lebih jauh di internet atau buku. 

Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantu ibu untuk menghemat uang belanja, ya. Sampai bertemu pada artikel Blog Bajuyuli yang lainnya.