baju muslim anak perempuan

Tips Menabung bagi Ibu Rumah Tangga

Tips menabung bagi ibu rumah tangga
Tips Menabung Bagi Ibu Rumah Tangga

1. Gaya Hidup Hemat 

Gaya hidup hemat bisa dilakukan dengan cara mengetahui secara detail pengeluaran dan minimalisir pengeluaran yang tidak terlalu penting. Contoh dari pengeluaran yang tidak terlalu penting tersebut adalah seperti belanja sedikit-sedikit di supermarket, atau makan siang diluar. Meminimalisir pengeluaran untuk makan siang di luar bisa dilakukan dengan cara belanja dan menyiapkan menu selama seminggu. Pikirkan menu untuk satu minggu ke depan lalu membeli bahan makanan sesuai dengan apa yang ada di daftar. 

Selain itu juga, atur prioritas dan pisahkan mana barang yang memang dibutuhkan dan mana yang hanya diinginkan. 

2. Jangan sepelekan recehan

Tips menabung untuk ibu rumah tangga selanjutnya adalah dengan menabung uang-uang recehan. Dalam berbelanja, sering kali uang kembaliannya berupa uang recehan. Uang recehan atau uang koin sering sekali disepelekan. Seakan-akan karena merupakan uang koin, seketika tidak ada lagi manfaatnya. Nyatanya, keberadaan recehan juga sangat berguna untuk menyukseskan aksi gaya hidup hemat. Contohnya seperti untuk membayar uang parkir.

3. Mulai dari yang kecil 

Tidak perlu langsung menabung dengan jumlah banyak, mulailah dengan lagkah-langkah kecil. Seperti mulai menabung dari Rp 5.000,- sehari dan terus hingga Rp 20.000,- sehari. Lakukan kegiatan menabung dengan komitmen yang bulat dan secara konsisten. 

4. Buat rekening khusus menabung 

Cara ini juga bisa dicoba. Dengan membuat rekening khusus menabung, maka akan memacu kita untuk konsisten menyisihkan uang dari penghasilan.

Selain itu, dilansir dari situs klubwanita.com, cara ini mampu mensugesti bahwa uang di rekening yang sebenarnya saja yang boleh dipergunakan. Maksudnya adalah, ketika seluruh pemasukan telah terkumpul, maka ibu harus memutuskan misalnya menabung Rp1.000.000 per bulan. Uang ini harus segera di transfer ke rekening tabungan. Memiliki rekening tabungan ini kemudian membuat uang sisa yang dimiliki terlihat telah berkurang. Kemudian akan lebih berhati-hati dalam penggunaannya tanpa ibu sadari. Cara ini cukup ampuh khususnya untuk mengatasi kebiasaan belanja benda-benda yang tidak dibutuhkan.

5. Bersyukur dengan apa yang dimiliki 

Berhenti untuk membandingkan kehidupan kita dengan kehidupan orang lain. Salah satu ibu rumah tangga bernama Olivia yang pernah viral pada media sosial Instagram karena berhasil mengumpulkan dan menabung puluhan juta selama setahun pernah menulis pada laman Instagramnya, "Terutama di era media sosial ini dan bombardir terus menerus mengenai kehidupan orang lain dalam feed-mu. Bisa menjadi mudah untuk terjebak dan berpikir kamu mau atau butuh sesuatu hanya karena kamu melihat orang lain memakainya. Rumah lebih besar? Mobil lebih mahal? Liburan mewah? Apa kamu benar membutuhkannya?,"

Kutipan ini bisa menjadi inspirasi yang bagus, bukan? 😉


Selamat mencoba dan menjalani tips-tips di atas! Semoga artikel ini bermanfaat, terimakasih sudah berkunjung.