baju muslim anak perempuan

Tips Mengatasi Anak yang Kecanduan Bermain Gadget

Tips Mengatasi Anak yang Kecanduan Bermain Gadget.
Tips Mengatasi Anak yang Kecanduan Bermain Gadget.
Hampir di seluruh dunia memakai teknologi untuk melakukan aktivitas sehari-hari, mulai dari bangun tidur sampai tidur kembali kita tidak akan lepas dari  yang namanya teknologi, salah satu teknologi tercanggih yang hampir dimiliki oleh setiap orang di dunia adalah gadget. Hampir disetiap keluarga setidaknya terdapat satu gadget baik itu berupa smartphone, laptop, ipad dan sejenisnya, dengan perkembangan pesat gadget, tidak akan heran kalau di dalam satu keluarga sudah memiliki gadgetnya masing-masing, tidak sedikit dari para orang tua yang sudah memberikan gadget pada anaknya, padahal usia mereka masih sangatlah kecil untuk mengenal sebuah gadget. Sebagai orang tua biasanya lebih memilih memberikan gadget kepada anaknya dibanding mendengarkan anaknya yang rewel, sehingga menyebabkan si anak kecanduan terhadap gadget.

Kita sebagai orang tua tentu akan khawatir setelah menyadari sang anak yang ternyata sudah kecanduan gadget dan kehilangan waktu pentingnya untuk belajar dan melakukan aktivitas-aktivitas yang lebih bermanfaat. Berikut adalah beberapa tips mengatasi anak yang sudah kecanduan gadget.

1. Memberikan Batasan Waktu

Orang tua harus memberikan batasan waktu kepada anaknya dalam menggunakan gadget untuk membiasakan anak agar dapat mengatur waktu. Waktu standar dalam penggunaan gadget adalah di hari-hari libur, jika tidak ada liburan seharusnya kita sebagai orang tua tidak memberikan anak-anak bermain gadget dengan bebas.

Ada batasan waktu penggunaan gadget untuk anak sesuai umurnya yang disarankan bagi orang tua untuk memberikan batasan waktu terhadap anaknya.
  • Bayi berumur dibawah 1 tahun disarankan untuk hanya berkontak mata dengan layar gadget selama 15 menit saja setiap harinya.
  • Balita tingkat preschool berumur 1-5 tahun disarankan hanya berkontak mata dengan layar gadget selama 15-30 menit saja setiap harinya.

2. Bermain Bersama Diluar Rumah

Anak-anak yang tidak pernah dibawa bermain keluar rumah tentunya akan mudah merasa bosan dan jenuh, mereka akan melampiaskan kebosanannya dengan bermain gadget, hal itu akan membuat mereka kecanduan. Kita selaku orang tua harus bisa mengatur waktu juga untuk meluangkan waktu dan mengajak anak bermain bersama di luar rumah, misalnya seperti bermain di taman kota., taman-taman edukasi dan tempat-tempat bermain lainnya. 

3. Memberikan Tugas Kepada Anak

Salah satu tips yang ampuh untuk mengurangi anak dari kecanduan gadget adalah dengan memberikan anak tugas sejak dini, seperti membereskan dan merapihkan tempat tidur, mencuci piring setelah makan, dan tugas-tugas lainnya yang memang wajar untuk anak seumurannya, sehingga anak-anak tidak akan terus-menerus bermain gadget karena punya tugas yang harus dijalankan.

4. Mendaftarkan Pada Kegiatan Lain

Orang tua yang tidak mempunyai banyak waktu untuk menemani anaknya bermain, disarankan untuk mendaftarkan anaknya pada sebuah kegiatan seperti mendaftarkan les dan latihan olahraga untuk anak laki-laki, untuk anak perempuan latihan memainkan alat musik dan menari tentuanya kita sebagai orang tua harus memberikan pilihan kepada anak, les atau latihan apa yang anak-anak minati, dengan begitu waktu mereka dalam menggunakan gadget akan berkurang dan menjadi fokus terhadap kegiatan tersebut.

5. Mengajak Anak Mengenal Alam

Membawa anak bermain ke alam bebas adalah salah satu solusi yang sangat cocok untuk pecandu gadget. Mengajak anak bermain di alam bebas yang jauh dari koneksi internet, alat-alat elektronik, dan hiruk pikuk kota akan mengajarkan kedamaian alam pada anak-anak. Oleh sebab itu, para orang tua sangat disarankan untuk mencoba membawa anak menikmati alam bebas di saat liburan. Contohnya anda dapat membawa anak anda keliling persawahan, berpetualang di perhutanan, mendaki gunung, berkemah, dan banyak hal lainnya.

6. Mengajak Anak Untuk Berdiskusi

Cara lainnya untuk mengatasi kecanduan gadget adalah dengan mengajak anak berdiskusi. Berilah anak-anak pengetahuan mengapa bermain gadget dalam waktu yang lama tidak diperbolehkan. Berikanlah penjelasan dengan berdiskusi apa bahaya dari bermain gadget dan apa kerugian yang akan disebabkan jika anak-anak anda hanya bermain gadget untuk menghabiskan waktunya. sehingga membuat anak mengerti alasan dibalik penggunaan gadget yang dilarang.

7. Mengajak Anak Untuk Bersosialisasi

Mengenalkan anak-anak pada teman-teman sebayanya untuk belajar bersosialisasi, tanpa disadari anak-anak yang tidak memiliki teman sebaya akan lebih menyukai menghabiskan waktu dengan bermain gadget. Namun, anak-anak yang memiliki teman sebaya akan lebih sering menghabiskan waktunya dengan berinteraksi bersama temannya. Oleh karena itu, ajaklah anak untuk bersosialisasi dan kenalkan dengan teman-teman sebayanya.

8. Berikan Contoh Baik dalam Penggunaan Gadget

Kita selaku orang tua yang terus menerus menggunakan gadget tanpa henti, pastinya akan memberikan contoh pada anak bahwa penggunaan gadget terus menerus tidaklah menjadi masalah. Oleh karena itu orang tua harus memberikan contoh yang baik dengan tidak kecanduan gadget sebagai cara mengatasi anak kecanduan gadget selanjutnya.

9. Berikan Reward/Pujian Pada Anak yang Patuh

Berikanlah pujian atau hadiah bagi anak-anak yang patuh dalam mengikuti aturan penggunaan gadget yang telah anda buat, seperti memberikan pujian atau memberikan reward berupa barang seperti  buku gambar, pensil warna dan lain sebagainya. Dengan sebuah pujian anak akan merasa senang dan lebih patuh, sedangkan dengan sebuah reward anak akan merasa senang dengan reward yang diberikannya dan membuat anak lebih memilih menngunakan barang yang di berikan tersebut di banding gadget.

10. Berikan Peringatan Pada Anak yang Tidak Patuh

Sedangkan bagi anak yang tidak patuh, anda dapat memberikan peringatan ataupun hukuman agar mengerti bagaimana penggunaan gadget yang benar harus dilakukan, hukumlah anak-anak yang tidak patuh dengan hukuman yang pantas dan dapat memberikan pelajaran kepada sang anak seperti, membersihkan halaman, rumah, kamar mandi, melarang memegang gadget selama beberapa hari dan lain sebagainya.

Itulah beberapa tips untuk mengatasi anak yang kecanduan bermain gadget. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan berguna bagi para orang tua yang membaca. Selamat mencoba.