baju muslim anak perempuan

Tips Mengajarkan Anak Membaca Al -Qur'an Sejak Dini

Untuk umat muslim, Al-quran sebagai sumber kajian-kajian segala ilmu dunia seperti ilmu biology, kedokteran, ilmu sosial, politik, bisnis, sejarah dll, Fungsi Al-Quran sendiri merupakan pedoman hidup manusia untuk keberlangsungan hidup di dunia dan akhirat. Sangat penting umat muslim membaca dan mengamalkan Al-Quran agar manusia bisa tau mana yang hak dan bathil, apa yang dilarang dan apa yang seharusnya dilakukan sesuai syariat Islam perintah Allah dalam QS Al-Alaq, Iqra=Bacalah.

Lalu, kapan dimulainya umat muslim membaca Al-Quran? tentunya sejak dalam kandungan, sang ibu sebaiknya membaca Al-Quran secara teratur dan rutin agar di dengarkan oleh bayi di dalam kandungan, usia dini, remaja, dewasa hingga ahir hayatnya, tidak ada batasan usia dan rentang waktu. Keutamaan membaca Al-Quran diantaranya menambah pahala kebaikan, mencegah kemunkaran dan kebathilan, semakin banyak membaca dan memahami Al-Quran, manusia semakin pintar dan bijak, hati yang semakin tenang dan memberi banyak keberuntungan dalam hidup, mendapatkan syafaat di akhirat kelak.

Keuntungan membaca Al-Quran membentuk manusia yang semakin kokoh memiliki aqidah akhlak yang baik, memperkuat iman dan taqwa kepada sang pencipta. Terutama untuk anak-anak di usia dini di haruskan belajar Al-Quran. Bagaimana metode sederhana untuk mengajarkan anak membaca Al-Quran sejak usia dini? Simak tips berikut ini:

1. Memberi contoh kepada anak 

Mengajarkan Anak Membaca Al-Quran di Usia Dini
Orang tua hendak membaca Al-Quran secara rutin sehingga anak mendengarkan dan tertarik ingin belajar Al-Quran dan tidak ada unsur paksaan. Secara alamiah anak memiliki inisiatif dan kemauan sendiri ingin membaca Al-Quran. Tentunya orang tua harus punya prinsip waktu yang teratur dalam membaca Al-Quran. Bukan berarti membiarkan anak untuk tidak mau belajar membaca Al-Quran, tetapi diharuskan orang tua memotivasi dan memberi semangat kepada anak untuk belajar Al-Quran.

2. Memberi pemahaman bahwa wajibnya membaca Al-Quran dengan Ilmu Tajwid

Cara Membaca Huruf Hijaiyah Bagian dari Ilmu Tajwid

Dimulai dari keluarga terutama orang tua yang harus memiliki pengetahuan disiplin ilmu mengenai tata cara membaca huruf hijaiyah, ilmu tajwid = aturan-aturan dalam membaca Al-Quran agar lebih tartil. Ajarkan anak usia dini dimulai dari Iqra level 1 yang paling dasar, setelah anak faham, lalu level berikutnya sampai Iqra level 6, ajarkan QS yang pendek dan mudah seperti Al-Falaq, An-Nas, Al-Ikhlas, dll, level berikutnya membaca Al-Quran mulai dari QS Al-fatihah, Al-Baqoroh. Bimbing anak hingga bisa perlahan-lahan secara rutin sebelum tidur, subuh dan ketika anak memiliki waktu luang bermain sambil membaca Al-Quran sehingga anak akan tumbuh menjadi orang yang cerdas dan bisa membanggakan kedua orang tuanya. karena pasti orang tua menginginkan anaknya memiliki kemampuan membaca Al-Quran secara mahir dan lancar.

3. Membaca Al-Quran di Pengajian 

Anak Mengaji Al-Quran di Pengajian

Bukan hanya di lingkungan keluarga untuk mendapatkan ilmu, didik pula anak untuk belajar membaca Al-Quran di lingkungan pengajian dan titipkan anak kepada guru pengajian sehingga anak akan berbaur dengan teman-temannya bersama-sama membaca Al-Quran. Pengajian merupakan salah satu metode efektif untuk anak dalam proses mengkaji ilmu agama, di pengajian pula anak bisa menambah teman se usia nya dan sangat menyenangkan memiliki banyak teman seperjuangan yang sama-sama dalam mencari ilmu agama Islam.

4. Memberikan Apresiasi untuk Anak yang rajin membaca Al-Quran

Memberikan Motivasi untuk Anak yang Malas Membaca Al-Quran

Kado Kecil untuk Anak yang Rajin Membaca Al-Quran

Jika anak malas membaca Al-Quran, cobalah kasih hadiah kecil seperti membuat kotak kecil berisi makanan kecil itu khususnya metode sederhana untuk mengiming-imingi anak agar rajin membaca Al-Quran, ketika anak rajin membaca Al-Quran, kasih hadiah makanan favorit mereka, dan berikan hadiah yang spesial untuk anak jika target yang ringan membaca Al-Quran terpenuhi dengan baik. Pujilah mereka dengan nada merayu seperti anak yang soleh dan rajin, anak teladan dll.

Gambar Visual Berupa Buah-buahan untuk Menstimulus Otak

VideoVisual Huruf Hijaiyah
Gambar Huruf Hijaiyah berupa Visual yang Menarik

Selain cara di atas, metode yang efektif untuk mengajarkan anak rajin membaca Al-Quran adalah berikan dia buku, gambar-gambar dengan berbagai karakter warna huruf hijaiyah yang berbentuk visual yang menarik, hiburan sambil membaca seperti nonton film dengan konten visual yang menarik seperti kartun yang mengajarkan huruf hijaiyah dan membuat games tebak-tebakan huruf hijaiyah, mendengarkan bacaan Al-Quran surah yang pendek dan mudah dan huruf hijaiyah, mewarnai gambar huruf hijaiyah.

Sekian, mudah-mudahan bermanfaat untuk pembaca, terimakasih.