baju muslim anak perempuan

Cara Mencegah Gigi Berlubang Pada Anak

Gigi berlubang disebabkan oleh bakteri dan asam. Bakteri yang membuat gigi berlubang ini menghasilkan asam yang akan mengikis permukaan gigi. Di dalam mulut kita ada alah satu organ yang tugasnya menjaga gigi kita dari bakteri dan asam. Tetapi, karena makanan yang kita makan cukup banyak, sehingga organ tersebut tidak bisa menjaga gigi kita secara sempurna, oleh karena itu kita perlu mengajarkan anak kita utuk membantu organ tersebut mencegah gigi berlubang.

Cara Mencegah Gigi Berlubang Pada Anak.
Cara Mencegah Gigi Berlubang Pada Anak.
Adapun beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk mencegah gigi berlubang pada anak, diantaranya sebagai berikut.

1. Menyikat Gigi Anak Secara Teratur

Untuk mencegah gigi berlubang pada anak, selaku orang tua kita harus mengajarkan anak kita menyikat gigi sebanyak 2x dalam sehari (setelah sarapan dan sebelum tidur). Untuk anak dibawah dua tahun cukup menggunakan air saja tanpa pasta gigi, sedangkan untuk anak di atas 2 tahun tambahkanlah pasta gigi yang mengandung fluoride yang berguna untuk mencegah gigi berlubang dengan cara mencegah hilangnya mineral dari permukaan gigi, menggantikan mineral yang hilang pada gigi, mengurangi kemampuan bakteri untuk menghasilkan asam. Ajari anak supaya membuang pasta gigi setelah digunakan jangan sampai tertelan karena bisa mengakibatkan penyakit fluorosis.

2. Memperhatikan Makanan Anak

Selain mengajarkan menyikat gigi, sebagai orang tua kita juga harus mengontrol makanan atau jajanan yang biasa di makan anak. Makanan atau minuman yang manis-manis yang sangat disukai oleh anak-anak mengandung bakteri yang dapat menghasilkan asam yang merusak gigi. Oleh karena itu selaku orang tua kita harus bisa membatasi makanan atau minuman yang manis-manis untuk anak kita. Eskrim, permen, puding, madu, sirup merupakan beberapa makanan yang harus dibatasi untuk dikonsumsi oleh anak.

3. Periksa Gigi Anak ke Dokter Gigi

Nah, selain menyikat gigi secara rutin dan memperhatikan makanan yang dikonsumsi oleh anak, selaku orang tua jangan lupa untuk memeriksakan gigi anak secara rutin ke dokter gigi, setidaknya sekali dalam satu tahun. Hal ini dilakukan untuk menjaga kesehatan gigi anak, sehingga jika terjadi kerusakan pada gigi anak dapat diketahui sedini mungkin.

Kurang lebih itulah beberapa cara atau tips untuk mencegah gigi berlubang pada anak. Semoga artikel ini bisa bermanfaat khususnya bagi penulis dan bagi kamu yang sudah membaca.