baju muslim anak perempuan

Tips Mengajarkan Anak Menggosok Gigi

Menggosok gigi salah satu hal penting untuk menjaga kesehatan gigi. Mengajarkan anak menggosok gigi memang agak susah, terkadang anak membantah dan tidak mau. Menggosok gigi berguna untuk terhindar dari infeksi pernafasan, gigi berlubang, gigi kuning, bau mulut dan masalah kesehatan gigi. Nah bagaimana tips dan trik mengajarkan anak menggosok gigi secara mudah dan simpel dan kapan waktu yang pas orang tua mengajarkan anak menggosok gigi?
Tips Mengajarkan Anak Menggosok Gigi
Tips Mengajarkan Anak Menggosok Gigi 

1. Waktu yang Pas Belajar Gosok Gigi 

Sebelum mengajarkan anak menggosok gigi, alangkah baiknya anak diberi pemahaman bahwa pentingnya menggosok gigi, kelebihan dan dampak jika tidak menggosok gigi, waktu dan berapa kali harus gosok gigi. 

Kapan waktu efektif anak belajar gosok gigi? nah, tentu saja setelah anak memiliki gigi, anak-anak harus dibiasakan gosok gigi dua kali sehari, tentunya pagi sekitar 10-15 menit sesudah sarapan dan sebelum tidur. Awal dengan belajar, lama-lama akan menjadi kebiasaan yang mesti dilakukan oleh anak. Jika anak tidak melakukanya, merasa ada yang kurang. 

2. Tips Mengajarkan Anak Gosok Gigi 

1. Pilih Pasta Gigi dan Sikat Gigi Favorit Anak 

Biasanya  pilih pasta gigi dengan rasa yang disukai anak dan sikat gigi yang renggang, lembut sehingga tidak melukai gigi anak. Biasanya ada pasta gigi dan sikat gigi khusus tersedia di toko-toko terdekat. Ada pasta dan sikat gigi berbagai macam karakter warna dan animasi untuk anak laki-laki dan perempuan. 

2. Menggosok Gigi Bersama Anak dan Ibu 

Ketika pagi hari tiba di depan cermin, ibu bergegas mengajari anak menggosok gigi, depan, sisi kanan dan kiri, atas bawah. Menjelang malam hari tiba, sebelum anak tidur, ibu bergegas mengajari anak menggosok gigi, tentunya orang tua sambil memberikan contoh kepada anaknya. Orang tua juga tidak harus mempermasalahkan teknik menggosok gigi salah yang dilakukan oleh anak.

3. Mengajarkan Gosok Gigi Lewat Cerita 

Visualisasi melalui gambar dan menerangkan cerita fiktif tentang gigi peri yang dapat menarik anak untuk semangat menggosok gigi. 

4. Memuji Kebersihan Gigi Anak 

Misalnya jika anak selesai menggosok gigi atau tidak mau menggosok gigi, cobalah untuk merayu anak dan memujinya bahwa anak telah menggosok gigi dengan pintar dan baik meskipun kenyataanya tekniknya belum benar. 

Nah, itulah tips mengajarkan anak menggosok gigi dengan simpel dan sederhana, semoga informasi ini bermanfaat untuk anda, sekian dan terimakasih, selamat mencoba.