baju muslim anak perempuan

Tips Asik Mengajarkan Anak Menggunakan Kerudung

Berkerudung memang wajib untuk seluruh umat muslimah, karena telah dijelaskan dalam Al-Quran surat Al-Ahzab ayat 59: "Hai nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang beriman:"hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka."(QS Al-Ahzab:59).
Cara Mengajarkan Anak Menggunakan Kerudung Sejak Dini
Cara Mengajarkan Anak Menggunakan Kerudung Sejak Dini 
Orang tua sebaiknya mengenalkan hijab pada anak sejak dini, karena agar mereka terbiasa sampai kapanpun. Ajari anak memakai hijab jika keluar rumah, sehingga anak akan merasa malu saat tidak memakainya, dan tentunya menumbuhkan kecintaannya pada hijab. Pada artikel ini dijelaskan secara simpel dan sederhana mengenai tips asik mengajarkan anak menggunakan kerudung: 

1. Membeli Pakaian Muslimah untuk Anak 

Pilih Pakaian Muslimah untuk Anak
Pilih Pakaian Muslimah untuk Anak 

Orang tua yang baik membeli pakaian muslimah anak dengan bagus dan baik, berkualitas, nyaman dipakai dalam kondisi apapun. Ajarkan anak menutup aurat dengan pakaian muslimah panjang dan simpel dan sopan. Bila perlu pakaian dan hijab gambar karakter animasi dan warna yang ceria yang dapat membuat anak semangat menggunakannya. Hijab yang tidak sempit dikenakan, hijab yang langsung dipakai untuk anak, lembut, ringan dan tidak panas saat digunakan bepergian. Model hijab yang sesuai keinginan anak. 

2. Berikan Motivasi untuk Anak 

Misalnya dengan memuji anak pintar saat memakai hijab agar mereka merasa senang memakai hijab. Bila perlu dikasih hadiah agar mereka semangat dan lebih percaya diri. Lebih baiknya orang tua mendaftarkan kontes hijab untuk anak-anak yang biasanya diselenggarakan di Tk atau SD dan di event-event. 

3. Tempatkan Anak di Lingkungan Baik 

Tempat yang mendukung adalah lingkungan yang baik untuk pergaulan anak. Masukanlah anak ke sekolah agama Islam/tempat pengajian, lembaga sekolah Islam untuk menuntut ilmu agama Islam, bergaullah dengan anak-anak muslim dan muslimah yang baik sejak dini. Sehingga karakter anak yang sopan dan tumbuh kembang anak semakin baik dan tidak akan melepaskan hijabnya karena teman-teman kecilnya menggunakan hijab. 

4. Contoh dari Orang Tua

Tips Mengajarkan Anak Menggunakan Kerudung
Tips Mengajarkan Anak Menggunakan Kerudung 
Dimulai dari keluarga dan ibunya yang menggunakan hijab, biasanya anak akan melihat apa yang orang tuanya kenakan. Misalnya mengenakan hijab. 

Nah, itulah tips asik mengajarkan anak menggunakan kerudung dengan simpel dan sederhana, semoga informasi ini bermanfaat untuk anda, sekian dan terimakasih, selamat mencoba.