baju muslim anak perempuan

Prinsip Parenting dalam Syariat Islam

Alloh SWT menganugerahkan seorang anak kepada para orang tua merupakan sebuah karunia yang amat besar jika orang tua dapat menunaikan hak-hak anak sesuai dengan yang diperintahkan. Dan salah satu hak anak yang berhak didapatkan dari orang tuanya adalah pendidikan.

Pendidikan anak adalah tanggung jawab dan amanah yang besar bagi orang tau. Wajib bagi para orang tua untuk bertakwa kepada Allah dalam urusan anak-anak mereka serta wajib memberikan memberikan pendidikan dan bimbingan. Menumbuh-kembangkan anak dalam akidah Islam, amalan-amalan Islam, dan akhlak-akhlak Islam. Pendidikan anak harus tegak pada prinsip dan asas yang benar. Untuk merealisasikan tujuan yang mulia ini, ada beberapa prinsip yang harus bunda diperhatikan. Di antara prinsip tersebut adalah:

1. Senantiasa Mendo'akan Anak

Mendoakan anak tidak hanya setelah memiliki anak, tetapi mendo'akan anak ini bisa dimulai sebelum anak lahir, dengan meminta kepada Allah keturunan yang shaleh dan setelah terlahir di dunia dengan mendoakan mereka hidayah dan kebaikan. Setelah mereka cenderung kepada hidayah dan kebaikan, para orang tua hendaknya mendoakan anak supaya tetapistiqomah di jalan yang benar.

Do'a orang tua untuk anaknya adalah doa yang mustajab yang tidak tertolak. Namun para orang tua juga harus berhati-hati dan jangan tergesa-gesa dalam mendo'akan anak, terutama saat dalam kondisi marah kepada anak. Jangan mendoakan anak dengan keburukan meskipun anak sedang berada dijalan yang tidak baik atau tidak sesuai dengan ajaran islam karena apabila doa tersebut dikabulkan, kita selaku orang tua pasti akan menyesal juga pada akhirnya.

2. Adil Terhadap Semua Anak

Setiap orang tua harus bisa bersikap adil kepada anak-anak nya jika dikarunia lebih dari satu anak, jangan membeda bedakan anak dengan anak sendiri ataupun dengan anak dari keluarga yang lain. Jika orang tua tidak bisa bersikap adil di antara anak , maka akan terdapat rasa permusuhan, rasa iri dan kebencian antara anak. Sebaliknya dengan keadilan terhadap semua anak, maka keadilan tersebut akan menjadi sebab terbesar saling menyayangi di dalam keluarga.

3. Semangat dalam Mendidik Anak

Semangat dalam mendidik anak dilakukan dengan cara memberikan pengajaran/ pendidikan tentang akidah Islamiyah dan kewajiban-kewajiban agama serta pendidikan duniawi untuk mendukung kehidupannya sehari seperti ilmu matematika, bahasa dan lain sebagainya. Kemudian selain itu juga orang tua harus melarang anak dari yang haram serta memperingatkan mereka dari perbuatan dosa. 

4. Memperhatikan Pergaulan Anak

Memperhatikan pergaulan anak disini adalah memperhatikan teman-temannya, karena teman dekat akan saling mempengaruhi satu sama lain mengenai perkembangan anak mulai dari sikap, cara bicara dan lain sebagainya apalagi di zaman ini, ada jenis pertemanan yang sebelumnya tidak ada dizaman Rosululloh, yaitu pertemanan melaui media sosial internet, dan melalui alat-alat komunikasi modern lainnya. Hal itu terdapat di dalam rumah-rumah bahkan dalam genggaman. Oleh karena itu, hendaknya para orang tua mengawasi teman-teman anak-anaknya berupa benda-benda tersebut. Karena teman dekat akan memberikan pengaruh yang besar dan bahaya yang fatal terhadap pola pikir, agama, dan akhlak.

5. Menjadi Tauladan yang Baik 

Untuk mendidik anak orang tua pun harus bisa menjadi contoh atau figur yang baik untuk setiap anaknya, jangan sampai menjadi orang tua yang hanya memerintahkan anaknya kepada kebaikan, namun dia sendiri tidak melakukannya. Jangan pula melarang mereka dari kejelekan, tapi dia sendiri malah melakukannya karena yang demikian itu malah akan menjadikannya sebagai orang tua teladan dalam keburukan untuk anaknya. Oleh karena itu kita selaku orang tua juga harus berusaha menjadi orang tua yang lebih baik lagi agar dimudahkan dan menjadi contoh yang baik buat anak.

Nah itulah sedikit penjelasan mengenai prinsip parenting dalam syariat islam yang sesuai dengan ajaran yang benar dari rosul rosul Alloh. Semoga artikel ini bisa bermanfaat khususnya bagi penulis dan bagi yang sudah membaca. Semoga kita semua bisa menjadi orang tua yang baik dan memiliki anak-anak yang baik pula. Aamiin.