baju muslim anak perempuan

Tips Mengajarkan Anak Berpuasa

Berpuasa memang bukan kewajiban seorang anak yang belum baligh, tetapi tidak salahnya orang tua perlu mengajarkan anak berpuasa ramadhan sejak dini. Ketika menginjak remaja, anak sudah terbiasa menjalankan puasa dengan baik. Mengajarkan anak berpuasa memang harus perlahan, pertama kali harus memberikan pemahaman yang mudah dimengerti anak usia dini, misalnya alasan mengapa mereka disarankan belajar berpuasa. Namun tipe anak berbeda-beda, ada yang antusias berpuasa mengikuti keluarganya ada yang tidak mau, tapi sebagai orang tua tidak boleh memaksa anak berpuasa. Ada beberapa tips cara mengajarkan anak: 

Tips Mengajarkan Anak Berpuasa
Tips Mengajarkan Anak Berpuasa 

1. Orang Tua Memberikan Contoh 

Dimulai dari orang tua yang menjalankan ibadah puasa, tidak makan dan minum menahan haus dahaga. Mungkin anak akan bertanya mengapa orang tua dan semua keluarga tidak makan dan minum. Anak mungkin akan mengikuti puasa dengan melihat semua keluarganya berpuasa, seperti kebiasaan di bulan ramadhan bangun jam 03.00, membaca Al-Quran. 

2. Mengajarkan Anak Puasa 

Tidak memaksa anak untuk menjalankan puasa penuh, karena anak dalam masa pertumbuhan dan perkembangan yang membutuhkan banyak nutrisi yang baik bagi tubuh. Ajarkan anak berpuasa perlahan-lahan dan semampu anak. Jika anak sudah tidak mampu sampai jam 10 pagi, biarkan anak membatalkan puasa. 

3. Pilih Makanan Tertentu Saat Berpuasa 

Pilih makanan yang cukup memenuhi nutrisi tubuh anak, misalnya sayuran, buah-buahan, makanan karbohidrat, bervitamin. Hindari makanan yang menimbulkan resiko kesehatan pada anak saat berpuasa seperti permen, coklat, makanan pedas, jajanan yang tidak sehat, es krim, jus. 

4. Beri Penghargaan Jika Anak Sukses 

Memberikan apresiasi kepada anak sebagai pertanda anak sudah sukses menjalankan puasanya dengan baik. Anda dapat memberikan hadiah berupa membuatkan masakan enak, memujinya telah sukses puasa. Anda dapat memberikan hadiah makanan yang mengandung karbohidrat, vitamin, protein. 


Nah, itulah cara mengajarkan anak berpuasa dengan sederhana, semoga informasi ini bermanfaat untuk anda, sekian dan terimakasih, selamat mencoba.