baju muslim anak perempuan

Cara Memaksimalkan Penyerapan Nutrisi Pada Anak

Anak berbadan kurus tetap dinyatakan sehat selama perkembangannya menunjukkan perubahan yang baik. Sedangkan anak berbadan gemuk malah bisa dinyatakan malnutrisi atau kekurangan gizi kalau ternyata terbukti kekurangan protein, jenis vitamin tertentu, dan nutrisi lainnya. Yang perlu Bunda ingat, ukuran malnutrisi pada anak adalah kecukupan gizi anak, bukan banyaknya porsi makan.

Memaksimalkan Penyerapan Nutrisi Pada Anak.
Memaksimalkan Penyerapan Nutrisi Pada Anak.

Selain melihat perkembangan baik dari anak, Bunda juga bisa menilai kesehatan anak melalui kelincahan gerak-geriknya, warna dan elastisitas kulit, serta kondisi mata, mulut, kuku, dan rambut. Jika semuanya tampak normal dan berfungsi baik, maka Bunda tak perlu khawatir dengan penampilan fisik anak. Namun sebagai orang tua, Bunda bisa lakukan beberapa cara berikut untuk memaksimalkan penyerapan nutrisi anak.

1. Makanlah Bersama Anak

Nafsu makan anak muncul bukan hanya karena makanan enak saja, tapi juga berkat rasa kebersamaan karena duduk bersama keluarga di rumah, makan bersama tanpa gadget maupun televisi. Kegiatan makan bersama ini bisa jadi cara efektif agar anak mau melahap asupan bergizinya dan usahakan pula anak memiliki jadwal makan yang tetap.

2. Sajikan Makanan Bergizi

Meski anak tampak kurus bukan berarti Bunda bebas memberinya tambahan kalori. Sajikan makanan dan kudapan bergizi bagi anak, seperti produk susu dengan lemak utuh serta kenalkan anak pada sumber lemak sehat seperti kacang-kacangan dan alpukat.

3. Mengenalkan Olahraga

Usaha menjaga kesehatan anak akan semakin lengkap dengan latihan fisik yaitu dengan rutin berolahraga yang teratur dapat menguatkan tulang, membangun otot, menyehatkan jantung, serta membuat tidur lebih nyenyak dan meningkatkan fungsi otak.

4. Berkonsultasi Pada Dokter

Bila sejauh ini hanya berat badan anak yang menjadi konsentrasi Bnda, pertimbangkan bantuan nutrisi nya dalam menentukan pola dan menu diet terbaik bagi buah hati. Selain ketiga cara diatas Bunda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui cara lain memksimalkan penyerapan nutrisi sang buah hati.

Nah, itulah sedikit penjelasan mengenai cara-cara memaksimalkan penyerapan nutrisi pada anak. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan bisa menambah wawasan Bunda yang sudah membaca.