baju muslim anak perempuan

5 Cara Agar Anak Mendengarkan Orang Tua

1. Hindari Mengulang 

5 Cara Agar Anak Mendengarkan Orang Tua
5 Cara Agar Anak Mendengarkan Orang Tua 
Orang tua sebaiknya menghindari kalimat perintah yang mengulang, karena jika anak diperintah atau dikasih nasihat dengan mengulang dengan nada sedikit bawel, anak akan malas melakukan hal yang diperintah orang tua. Berikan perintah atau nasihat di dekatnya dan jangan teriak memanggil namanya. Berikan ia penjelasan akibat dari tidak mendengarkan nasihat dan perintah anda. Misalnya anda perintah anak untuk cepat mandi untuk berangkat ke suatu acara, jika ia tidak segera melakukannya, beri penjelasan akibatnya ia tidak akan diajak ke acara tersebut. 

2. Dengarkan Anak 

Intinya jika anak sedang ada kesulitan apapun, lalu bercerita pada anda, anda harus merespon dengan baik dan fokus, atau jika anak melakukan apapun yang ia senangi dalam batas wajar, biarkan dia senang dengan dunianya. Buatlah anak merasa diperhatikan, dihormati, dicinta, dihargai oleh anda sebagai orang tuanya, dengan begitu, anak akan mudah mendengarkan nasihat dan mendengarkan apa yang anda perintahkan.

3. Pilih Kalimat Perintah yang Baik 

Misalnya anda memerintah dan memberikan nasihat kepada anak dengan kata-kata yang baik dan jelas ketika anak anda prestasinya di sekolah menurun, anda menjelaskan kepada anak: "apa yang sudah kamu usahakan itu sangat bagus dan kamu berusaha belajar dengan fokus, tetapi ada beberapa tambahan yang harus kamu lakukan, yakni waktu istirahatnya perlu diperbaiki agar kamu dapat fokus belajar dan menangkap ilmunya dan apa kekurangan sebelumnya perbaiki yaa." Jelaskan kekurangannya dan solusinya. 

4. Buat Kehadiran Orang Tua disadari 

Tanpa adanya anda, anak tidak bisa melakukan hal apapun dengan benar, jelaskan kepada anak bahwa kehadiran anda sangat penting di kehidupannya. Dengan begitu anak akan merasa menghargai dan mendengarkan nasihat anda. Anda membandingkan dengan anak lainnya yang sudah tidak ada orang tuanya, maka dari itu anak akan lebih menyadari betapa anak membutuhkan nasihat orang tuanya. 

5. Ubah Paradigma 

Paradigma atau sudut pandang pola fikir orang tua bukan memperlakukan anak sebagai budak yang seenaknya diperintah, tapi perlakukan anak seperlu anda mengingatkan, menasihati, membutuhkan bantuannya yang ringan. Berteriak memerintahnya kurang efektif, hal itu kesan yang memaksa dan sebuah keharusan. Jika anak anda berteriak-teriak di usia kecilnya saat diperintah, memang harus dimaklumi karena seusianya memang wajar dan kekanak-kanakan. 


Nah, itulah 5 cara agar anak mendengarkan nasihat orang tuanya dengan mudah dan simpel, semoga informasi ini menambah pengetahuan anda, sekian dan terimakasih, selamat mencoba.