baju muslim anak perempuan

Tips Menjadikan Anak Cerdas Saat Belajar di Sekolah

Bunda tentu ingin memiliki anak yang cerdas dan pintar, hal ini tentu merupakan keinginan dari setiap orang tua. Oleh karena itu setiap orang tua pasti akan melakukan berbagai cara dalam mendidik anaknya supaya bisa menjadi anak yang pintar dan berprestasi sejak dini, meskipum upaya dalam mendidik anak tidaklah mudah karena banyak faktor yang dapat menghambat perkembangan si kecil diantaranya seperti kurangnya asupan nutrisi yang Bunda berikan kepada anak, anak Bunda kurang aktif atau minim dalam beraktivitas dan masih banyak lagi faktor penghambat lainnya.
Menjadikan Anak - Anak Cerdas Sejak Dini.
Nah adapun untuk mengatasi semua itu, Bunda bisa mencoba tips-tips berikut ini agar anak Bunda bisa menjadi anak yang pintar dan cerdas.

1. Membiasakan Anak Membaca Buku


Membaca  merupakan salah satu kunci atau modal untuk meningkatkan pengetahuan anak. Anak yang memiliki kemampuan membaca yang baik dapat lebih berprestasi di sekolah dan mampu bersaing. Salah satu cara yang dapat Bunda lakukan untuk membangkitkan hobi membaca pada anak adalah dengan rajin membacakan cerita dari buku atau menemaninya membaca buku.

2. Mencukupi Kebutuhan Istirahat Anak


Tidur bisa memengaruhi daya ingat, kreativitas, dan kemampuan menyelesaikan masalah. Anak yang kurang tidur akan lebih sulit berkonsentrasi dan menyerap informasi. Anak usia prasekolah (4-6 tahun) perlu tidur sebanyak 11-13 jam per hari. Anak usia sekolah (7-12 tahun) perlu tidur 10-11 jam per hari, maka dari itu aturlah waktu istirahat anak sebaik mungkin.

3. Menciptakan Lingkungan yang Kondusif


Proses belajar anak sangat bergantung pada stimulasi yang ia terima dan untuk memberikan stimulasi yang cukup, Bunda juga perlu menciptakan suasana kondusif, seperti menyenangkan anak dan tidak memaksa apalagi sampai memarahi anak. Hubungan yang positif antara Bunda atau keluarga dengan dengananak juga akan membuatnya merasa aman dan disayangi sehingga anak pun akan lebih percaya diri untuk belajar dan mengembangkan kepintarannya.
 

4. Mengajarkan Anak Kedisiplinan Diri

Anak yang mampu mendisiplinkan diri yang baik lebih berpeluang sukses di masa depan ketimbang anak dengan IQ tinggi. Salah satu sebabnya adalah karena anak yang memiliki disiplin diri lebih mampu mengendalikan emosinya secara sehat, dapat bersikap bertanggung jawab, memiliki kesabaran, dan tahu kapan harus membuat pilihan/keputusan yang benar.
 

5. Mengajarkan Anak Pola Pikir Optimistis


Anak yang mampu melihat sisi positif dari setiap peristiwa lebih terlindungi dari depresi saat mereka melalui masa pubertas. Selain itu, anak yang optimistis cenderung lebih sukses dalam berprestasi di sekolah, pekerjaan, dan olahraga. Maka dari itu bunda harus mengajarkan anak berpola pikir optimis mulai sejak dini.

Nah itulah Bun, beberapa cara atau tips untuk menjadikan anak pintar dan cerdas di sekolah sejak dini. Semoga tulisan ini bermanfaat dan bisa menjadi inspirasi bagi para orang tua.