baju muslim anak perempuan

Membentuk Karakter Positif Si Kecil Lewat 4 Sifat Rosulullah

Berusaha mencontoh Rasulullah SAW dalam kehidupan sehari-hari adalah salah satu wujud bahwa kita mencintai Allah dan Rasulullah SAW. Sikap terpuji Rasulullah SAW sangat banyak karena setiap perilakunya sehari-sehari memiliki suri teladan yang patut dicontoh. Perkataan dan perbuatan Rasulullah merupakan budi pekerti yang baik, dan di antara sifat terpuji Rasulullah, ada 4 sifat yang wajib Bunda ajarkan kepada si kecil sejak dini supaya perilaku tersebut terbawa saat usia remaja bahkan sampai tua.
Dahsyatnya 4 Sifat Rosulullah SAW.
Dahsyatnya 4 Sifat Rosulullah SAW.

1. Shiddiq (Berkata Jujur)

Jujur adalah sikap yang menyatakan sesuatu sesuai dengan faktanya, kejujuran Rasulullah SAW sangat terkenal, tidak hanya diakui teman dekatnya, bahkan diakui oleh musuhnya.

Ali R.a meriwayatkan bahwa Abu Jahal berkata kepada Rasululullah SAW, ”Kami tidak mengatakan engkau dusta. Namun, kami menganggap dusta ajaran yang engkau bawa.” Beliau selalu jujur dalam perkataan dan perbuatan benar. Si kecil juga harus di ajarkan untuk seperti itu Bunda, baik dalam situasi seperti apapun, sifat kejujuran harus dimiliki karena tanda anak yang hebat hebat adalah jujur.

2. Amanah (Dapat Dipercaya)

Amanah merupakan suatu sifat yang dapat di percaya, apabila suatu urusan dipercayakan kepadanya maka dia akan melaksanakan urusan tersebut dengan sebaik-baiknya. Sebagaimana Rasulullah SAW diberikan amanah untuk menyampaikan ajaran Islam kepada umat manusia. Rasul tidak gentar untuk menjalankan amanah itu meskipun taruhan nyawa, jiwa, dan raga.

Nah, Bunda juga harus mengajari si kecil untuk menanamkan sifat amanah, beritahukan kepada si kecil ketika berjanji kepada teman, orangtua, saudara, bahkan kepada musuh sekalipun janji yang djbuat harus selalu di tepati.

3. Tabligh (Menyampaikan) 

Sifat tabligh yang artinya menyampaikan, yaitu sifat wajib Nabi menyampaikan seluruh ajaran yang diterima dari Allah SWT berupa wahyu kepada umat manusia agar menjadi pedoman hidup.

Beritahukan kepada si kecil, jika si kecil disuruh Ayahnya atau siapapun itu untuk menyampaikan titipan barang atau suatu pesan maka si kecil harus memberikan titipan atau pesan tersebut kepada orang yang berhak menerimanya.

4. Fathonah (Sifat Cerdas) 

Bisa Bunda pahami betapa sulitnya tugas yang di emban Rasulullah SAW sehingga wajib memiliki sifat cerdas. Rasulullah saw terkenal sebagai seorang yang cerdas, pandai, serta sangat arif dan bijaksana dalam mengambil keputusan.

Tugas Bunda dan Ayah sebagai orangtua harus mengondisikan agar anak rajin belajar agar menjadi anak cerdas dan pandai. Termasuk di dalamnya mendampingi dan memfasilitasi berbagai kebutuhan penunjang belajar.

Itukah keempat sifat dari Rasulullah yang harus dan wajib Bunda ajarkan dan contohkan kepada si kecil sejak usia dini, terlebih lagi dalam situasi zaman sekarang banyak anak bergaul tidak wajar. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan bagi Bunda yang sudah membaca.