baju muslim anak perempuan

Tips dan Triks Mengajari Si Kecil Sopan Santun Sejak Dini

Bunda tentunya ingin si kecil bermain dan bersenang-senang dengan temannya, tapi Bunda khawatir si kecil bertingkah tidak sopan atau tidak menghormati orang tua temannya. Karena setiap anak memang terkadang memiliki sifat yang nakal dan belum tahu sopan santun maka dari itu Bunda harus mengajari sikecil untuk berlaku ataupun berkata dengan sopan santun sejak dini kepada siapapun baik itu kepada yang lebih tua, lebih muda ataupun pada teman sebayanya.
Mengajari Sopan Santun Sejak Dini Sambil Bermain Rumah - Rumahan.
Mengajari Sopan Santun Sejak Dini Sambil Bermain Rumah - Rumahan.
Proses belajar anak untuk memahami etika kesopanan ini bisa dimunculkan dengan cara bermain rumah-rumahan. Berikut ini beberapa hal yang perlu diketahui tentang manfaat dari permainan rumah-rumahan bagi si kecil

1. Mengajarkan Cara Menyambut Tamu

Selain dapat membuat anak-anak senang, bermain rumah-rumahan juga dapat mengajarkannya bagaimana berperilaku sopan. Salah satunya adalah cara membuka pintu dengan mengajarkan si kecil untuk membuka pintu dan menyambut tamunya dengan ramah tamah. Hal tersebut tentunya dapat meningkatkan aksi cerdas seiring dengan tahapan usianya, khususnya untuk selalu bersikap sopan pada orang lain.

2. Mengajarkannya Untuk Lebih Hormat

Mengajak si kecil bermain rumah-rumahan juga dapat mengajarkannya untuk lebih sopan dan hormat. Cobalah mengajarkan si kecil untuk membiasakan diri berkata tolong, permisi, maaf dan terima kasih dengan baik dan benar. Sehingga, permainan rumah-rumahan selain dapat membuat si kecil merasa senang, hal tersebut juga dapat menjadi proses belajar si kecil untuk lebih hormat dan sopan kepada orang lain.

3. Mengajarkan Berkata Lembut dan Sopan

Ajarkan pada si kecil untuk menatap mata orang lain saat berbicara dan dan jangan lupa untuk tersenyum baik itu disaat berinteraksi dengan orang lain ataupun ketika berpapasan dengan orang lain. Sikap sopan santun saat berbicara tentu sangat mempengaruhi proses belajarnya agar terbiasa bersikap sopan dan ramah pada setiap orang yang ditemuinya. Selain itu mengajak si kecil bermain  rumah-rumahan juga dapat membuatnya memahami dan mengerti bagaimana cara bertamu di rumah orang lain dengan baik dan sopan.

Nah itulah beberapa tips dan trik yang dapat bunda ajarkan kepada sikecil untuk bersikap dan berlaku lemah lembut sejak dini melalui permainan rumah-rumahan. Semoga artikel ini bermanfaat ya Bunda.