baju muslim anak perempuan

Tips dan Triks Mendidik Anak di Zaman Milenial

Mengasuh anak di zaman millenial memang butuh usaha ekstra dibandingkan dengan di zaman dahulu. Perkembangan dunia digital tak hanya memberi kemudahan, malah kadang membuat jarak dan masalah antara orangtua dan anak bahkan tak jarang berakhir dengan anak yang membangkang atau masalah lainnya. Berikut ini adalah beberapa tips dan triks untuk mengasuh anak di zaman milenial sekarang ini.
Generasi Anak - Anak di Zaman Milenial.
Generasi Anak - Anak di Zaman Milenial.

1. Mengajarkan Pendidkan Agama

Mengjarakan pendidikan agama sudah menjadi kewajiban orangtuanya dalam membesarkan anak-anaknya, karena endidikan tentang agama perlu ditanam sejak sedini mungkin. Dalam hal ini, mengajarkan agama tak hanya sebatas bisa membaca Al-Qur'an, bisa berpuasa atau pergi sholat berjamaah ke mesjid.

2. Mendidik Anak Dengan Baik-baik

Orangtua harus belajar mendidik dan berbicara secara baik-baik dengan anak, tidak boleh membohongi dan juga perlu membaca bahasa tubuh, serta mau mendengar perasaan anak.

"Menyalahkan, memerintah, mencap, membandingkan, komunikasi seperti ini akan membuat anak merasa tak berharga, tak terbiasa memilih dan tak bisa mengambil keputusan.

3. Persiapkan Anak Masuk Pubertas

Kebanyakan orangtua malu membicarakan masalah orang dewasa dengan anak dan cenderung menghindarinya, pembicaraan justru perlu dimulai sejak dini dengan bahasa yang mengikuti usianya.

4. Persiapkan Anak Masuk Era Digital

Bukan berarti Bunda harus memberikannya gadget sejak bayi. Namun mengajarkan anak jika penggunaan gadget ada waktunya dan memiliki batasan untuk itu. Akses internet pun perlu dibatasi untuk mencegah anak menggunakannya untuk sesuatu yang tidak diinginkan atau kurang baik.

2. Eratkan Hubungan Dengan Anak

Perlu adanya keeratan atau kedekatan antara Ayah dan anak, juga Bunda ke anak. Kedekatan ini bukan hanya berarti melekat dari kulit ke kulit, melainkan hati ke hati. Artinya, Bunda dan pasangan tak bisa hanya sering memeluk sang anak namun juga harus dekat secara emosional.

Kedepankan komunikasi sebagai pengganti gadget. Sebagai contoh, ajak anak bicara tiap kali pulang sekolah. Hal-hal di sekolah seperti tugas sekolah, teman yang jahil atau guru yang menyebalkan sudah menjadi hal berat untuknya. Oleh karena itu, disarankan untuk berkomunikasi tentang perasaannya. Misalnya tanya perasaannya di hari itu, apa yang membuatnya bahagia dan apa yang membuatnya sedih, dengan begitu, secara otomatis anak akan dengan mudah bercerita pada orangtua tiap kali ia merasakan sesuatu.

Nah, itulah beberapa cara atau tips dan triks mengasuh anak di zaman milenial ini. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat dan bisa menambah wawasan yang sudah membaca.