Jual gamis anak perempuan murah

Tips Mengajarkan Anak Naik Sepeda

Bismillahirrahmanirrahim...
sepeda anak kecil
sepeda anak kecil

Naik sepeda itu sepertinya sudah kompetensi dasar seorang manusia, karena memang naik sepeda penting sekali untuk melatih koordinasi tubuh kita. Baik syaraf, motorik kasar, motorik halus, insting, dan lain sebagainya. Oleh karenanya hampir seluruh orang tua di dunia selalu mengajarkan anaknya untuk bisa naik sepeda. Berikut tips untuk mengajarkan anak bermain sepeda:

1. Jangan Terburu Buru

Ingat bunda, tujuan mengajarkan naik sepeda adalah prosesnya, bukan hasilnya. Jadi ga perlu risau pengen cepat cepat anak anda bisa sepeda roda dua. Lambat laun seorang anak pasti bisa kok, emang bunda pernah lihat anak 12 tahun masih pakai sepeda roda empat? hehe

Nikmati prosesnya. Bersepeda melatih banyak sekali kompetensi anak, fisik jelas ya ini melatih otot tangan dan otot kaki. Lalu sistem koordinasi juga bagus sekali dilatih saat bersepeda, menyeimbangkan badan, mengatur pergerakan tangan kanan + kiri, kaki kanan + kiri.

Kalau anda terburu buru ingin anak anda cepat bisa bersepeda, ini khawatir membuat anak anda tertekan, dan ada juga tertekan karena target ini. jadi sekali lagi nikmati prosesnya ya bunda.

2. Gunakan roda bantuan

Ini sih sudah lumrah, dimana mana penjual sepeda anak pasti menawarkan roda tambahan. yang biasa kita sebut sepeda roda empat. Dengan metode ini jelas sekali bahwa keseimbangan adalah hal terakhir untuk dipelajari dalam bersepeda anak kecil. Yang utama adalah keberanian, ke-asyik-an, dan kemauan untuk bersepeda.

Nanti pelan pelan kalau anak sudah terlihat mampu, coba lepas jadi roda 3, dan akhirnya jadi roda 2.

3. Gunakan balance bike

balance bike anak kecil
balance bike anak kecil
Ini lagi ngetrend di kalangan ibu ibu milenial. Jadi balance bike itu adalah sepeda tapi tanpa kayuh, jadi digunakan dengan didorong. katanya sih kalau udah jago main balance bike, nanti pindah ke sepeda roda 2 nya akan cepat.

Ini berkebalikan dengan metode menggunakan roda tambahan, karena dengan balance bike jelas sekali bahwa tujuan utamanya adalah melatih keseimbangan terlebih dahulu. dari 2 metode itu ga ada yang lebih baik atau lebih buruk kok, tergantung anaknya aja.

Tapi perlu anda ingat, kalau beli balance bike tidak akan bisa terpakai lama. Karena balance bike ini hanya "pengantar" ke sepeda beneran. Kalau anda sudah bisa naik sepeda beneran mana mau kan dia main balance bike lagi? hehe. Jadi pergunakanlah uang anda secara bijak.

4. jangan ditakut-takuti

Ini admin sering liat di kalangan bunda bunda zaman now. Ketika pertama kali anak anda belajar sepeda sampai dikenakan helm, pelindung lutut dan pelindung siku. Alasannya sih bagus supaya anak tidak cedera, namun seberapa fatal sih cedera yang diakibatkan oleh naik sepeda seorang anak kecil? menurut kami nyaris tidak fatal. Justru kalau jatuh jatuh dikit itu bagus sekali melatih keberanian sang anak dan membuat anak tidak manja, bukankah berani kotor itu baik?

Tentu hal ini harus dibarengi dengan pengawasan dan jangan bermain sepeda di jalan umum ya. jadi jangan ragu bun, semua orang yang bisa naik sepeda pasti pernah jatuh kok

==

Sekian tips ini, selamat mempraktekkan.