Jual gamis anak perempuan murah

Sekolah Negeri atau Swasta?

Bismillahirrahmanirahim..

Perdebatan sekolah negeri atau swasta ga akan ada habisnya bun. Semua serba relatif, tergantung apa yang mau dicari, tergantung kondisi ekonomi keluarga, tergantung lokasi domisili, daaannnnn masih banyak lagi. Dan ujung ujungnya sebenernya tidak bisa kita bandingkan kualitas suatu sekolah berdasarkan negeri atau swasta. Pengkategorian negeri atau swasta hanyalah masalah administratif saja.

Meski demikian, kami mau memberikan pendapat kami soal ini. Bisa saja salah, dan jikapun benar itu datangnya dari Allah subhana wa ta alla ya bunda....

Kami batasi dulu sekolahan yang kami bahas di sini. Kami hanya membahas dalam konteks sekolah SD saja yaa.. Insya Allah kami bandingkan dengan objektif..

SD negeri
SD negeri

1. SD Swasta Lebih mahal daripada SD Negeri

Insya Allah ini semuanya udah pada tau kali ya... Wajar sekali kalau SD Swasta lebih mahal ketimbang SD negeri, karena mereka tidak mendapatkan subsidi dari pemerintah, alias menanggung seluruh biayanya sendiri. Kalau secara kasar bisa kita bilang bahwa SD Swasta itu pure bisnis.

2. Kualitas Guru SD Swasta Lebih baik daripada SD Negeri

Ini nyambung dengan poin no 1. Dengan biaya operasional yang lebih mahal, SD Swasta lebih bisa memberikan jaminan penghasilan yang lebih tinggi ketimbang guru SD negeri.

Dan untuk menjadi guru di SD Swasta itu lebih susah masuknya, ahasil hanyalah yang terbaik yang terpilih untuk mengajar di suatu SD Swasta. Lagian kalau gurunya tidak memiliki kualitas yang baik, sudah langsung diprotes habis habiskan oleh orang tua siswa.

Sedangkan SD negeri, maaf dikata, untuk guru entry-level mungkin tidak terlalu jauh kualitasnya dengan SD Swasta. Tapi yang sudah kolot belasan tahun mengajar, kualiatsnya menurun seiring waktu. Sekola tidak bisa memecat, karena guru terikat oleh ikatan dinas. Inilah mengapa digalakkan sertifikasi kepada guru guru PNS, meskipun sepenglihatan kami sertifikasi tersebut terkesan hanya formalitas saja.

Ini hanya secara umum loh ya bun, kalau secara individual tidak sedikit kok guru SD negeri lebih pintar dan professional ketimbang guru SD swasta

3. SD Swasta Lebih islami ketimbang SD Negeri

Ini wajar terjadi. Karena SD Negeri itu diatur kurikulum nya langsung dari pemerintahan pusat. Pemerintah pusat harus membuat kurikulum yang seadil mungkin, makannya wajar konten islami tidak akan terlalu dititikberatkan.

Beda halnya dengan sekolah SD Swasta yang bebas menentukan kurikulum, meskipun harus mengikuti blue prints dari kementrian pendidikan ya... Itulah mengapa sekolah Swasta Islami menjamur saat ini, karena memang kebutuhan masyarakat akan sekolah yang lebih islami ternyata tinggi sekali.

==

Jadi bunda mau pilih yang mana untuk menyekolahkan anaknya nanti?