baju muslim anak perempuan

Bahaya Permainan Mobile Legend (ML) bagi Anak Anak

Siapa yang tidak tahu permainan Mobile Legend? klo anak zaman now pasti tau, kalau orang tuanya belum tentu.

game Mobile Legend
game Mobile Legend

Mobile Legend merupakan salah satu permainan yang saat ini sedang digandrungi baik anak-anak, remaja, maupun dewasa.  Sejak Moonton merilis permainan ini pada bulan Juli tahun 2016, Mobile Legend kini telah diunduh sebanyak 50jt kali oleh pengguna Goggle Playstore di seluruh dunia. Mobile Legends adalah sebuah game dengan genre MOBA (Multiplayer Online Battle Arena) yang dapat dimainkan melalui ponsel (android dan iOS). Game MOBA ini melibatkan dua tim yang bertanding dan setiap tim terdiri dari lima pemain. Kedua tim bertarung untuk saling menghancurkan tower milik lawan, jika tower milik sebuah tim berhasil hancur maka tim tersebut kalah dan tim yang lainnya berhasil memenangkan pertandingan.

Permainan Mobile Legend memang dirancang agar dapat dimainkan melalui ponsel. Di zaman millennial sekarang ini, anak-anak Sekolah Dasar pun sudah sangat mahir mengoperasikan handphone sehingga tidaklah aneh jika anak-anak dapat dengan mudah mengunduh permainan Mobile Legend dan memainkan permainan tersebut. Hal ini justru sangat memprihatinkan. Disaat anak-anak seharusnya menikmati permainan ketangkasan dengan teman-teman sebayanya, anak-anak zaman sekarang lebih memilih bermain permainan online di ponsel masing-masing. Oleh karena itu, kali ini Bajuyuli akan membahas bahaya permainan Mobile Legend bagi anak-anak.

1. MERUSAK MATA

Ketika anak bermain game Mobile Legend maka otomatis mata anak akan terus melihat ponsel mereka. Saat anak menatap ponsel kedipan mata otomatis menjadi berkurang, sehingga mengakibatkan lapisan air mata jadi lebih mudah menguap dan rentan membuat mata kering. Jika anak melihat ponsel secara terus menerus juga akan mengakibatkan mata menjadi mudah Lelah. Hal ini sangat berbahaya bagi kesehatan mata anak. Anak-anak harus memiliki mata yang sehat agar dapat menangkap pelajaran yang ditulis di papan tulis sekolahnya. Anak-anak juga harus memiliki mata yang sehat karena dengan mata yang sehat dapat melihat peluang-peluang untuk kemajuan bangsa kedepannya.

2. KESEHATAN DAN KEMAMPUAN MOTORIK ANAK MENURUN

Jika anak-anak lebih menghabiskan waktu untuk bermain game online di ponsel, maka anak-anak akan kehilangan waktu bermain dengan teman sebayanya. Di usia anak yang masih sangat muda, seharusnya waktu luang anak-anak digunakan untuk bermain dan meningkatkan kemampuan motorik mereka dengan teman-teman sebaya. Berlari, bermain bola, kejar-kejaran adalah hal yang lazim dilakukan oleh anak-anak. Dengan aktivitas fisik seperti itu maka tubuh anak pun akan semakin sehat dan kemampuan motorik meningkat. Kebalikannya jika anak hanya duduk dan diam saja bermain game maka anak anak tidak melakukan aktivitas fisik sehingga kesehatan dan kemampuan motorik anak juga menurun.

3. TIDAK MENGAJARKAN ANAK UNTUK BERHEMAT

Bermain Mobile Legend di ponsel membutuhkan kuota internet yang cukup banyak. Jika kuota internet habis pasti anak-anak akan meminta orang tua mereka untuk mengisi ulang kuota internet mereka. Jika hal ini dilakukan terus-menerus pasti akan menimbulkan pemborosan dan tidak mengajarkan anak-anak untuk berhemat. Anak-anak harus diajarkan perilaku berhemat sejak dini, agar mereka mengerti pentingnya mengatur keuangan saat mereka dewasa kelak.

4. MENJADIKAN ISTILAH GAME MOBILE LEGEND (ML) MULTITAFSIR

Permainan Mobile Legend ini sering disingkat dengan game ML. Sebelum permainan ini diluncurkan, orang dewasa sebagian besar sudah mengerti dengan istilah ML, yaitu sebuah istilah yang menggambarkan kegiatan intim suami istri. Namun, pada saat game ini diluncurkan, anak-anak akan dengan mudah menyebutkan istilah ML secara gamblang. Hal ini sangat berpengaruh besar untuk lingkungan anak-anak. Jika ada orang tua yang tidak paham dengan permainan Mobile Legend pasti akan menduga hal yang macam-macam dengan pembicaraan anak-anak mereka. Selain itu, jika anak-anak  memiliki rasa keingintauan yang tinggi, bisa saja anak-anak akan mencari lebih dalam tentang makna ML yang sesungguhnya (hubungan suami istri). Hal ini sudah jelas merupakan hal yang tidak baik

Demikian dampak negatif dari bermain game Mobile Legend bagi anak-anak. Yuk ayah dan bunda kita jaga generasi penerus bangsa dari hal-hal yang negatif. Semoga bermanfaat 😊

Baca juga:
Cara Bermain Sambil Belajar Dengan Anak
6 Alasan My Little Pony Bagus Untuk Anak