baju muslim anak perempuan

Konsep Utama Pendidikan Anak dalam Parenting Nabawiyah


 Parenting Nawabiyah
Parenting Nawabiyah

Pendidikan anak dalam ajaran Agama Islam diatur dengan begitu rinci yang bisa diketahui lewat Alquran dan Hadits. Rasulullah semasa hidupnya pun menerapkan konsep pengasuhan anak yang disebut dengan parenting nabawiyah. Dengan ilmu parenting yang diajarkan oleh Rasulullah itu, umat Islam bisa memperoleh anak yang beriman dan taat kepada orang tua.
Dalam penerapannya, ada 5 konsep parenting nabawiyah yang harus diperhatikan oleh para orang tua muslim, yakni:

Penanaman akidah sejak dini

Parenting Nawabiyah
Penanaman akidah sejak dini-Konsep Utama Pendidikan Anak dalam Parenting Nawabiyah-fast-lechter.cf
 

Konsep pertama dalam pendidikan anak menurut Islam adalah dengan menanamkan akidah sejak dini. Orang tua harus memberi penjelasan mengenai konsep ketuhanan menurut Agama Islam. Apalagi, pengetahuan tentang akidah bakal menjadi pondasi pengetahuan agama untuk anak. Di waktu yang sama, anak juga harus diajarkan tentang beragam cara beribadah, termasuk di antaranya adalah shalat, puasa, serta membaca Alquran.

 Memberi asupan makanan yang sehat

  Memberi asupan makanan yang sehat
  Memberi asupan makanan yang sehat


Konsep selanjutnya yang harus diperhatikan oleh para orang tua muslim dalam parenting nabawiyah adalah kesehatan anak. Nabi Muhammad SAW semasa hidupnya selalu mengusahakan makanan bernutrisi tinggi kepada anak dan istrinya. Dengan makanan yang sehat, anak bisa tumbuh menjadi pribadi yang gagah dan kuat.

Terkait pemilihan makanan sehat ini, ada hal yang perlu digarisbawahi. pada masa Rasulullah, kurma merupakan jenis buah yang paling mudah ditemukan. Di sisi lain, buah ini juga memiliki kandungan nutrisi tinggi. Di era modern seperti sekarang, orang tua pun bisa menemukan opsi makanan sehat yang lebih bervariasi. Tak hanya kurma, tapi juga beragam jenis buah dan sayur.


Adab

Adab Sopan Santun
Adab Sopan Santun

Adab atau sopan santun menjadi konsep yang harus diperhatikan dalam penerapan parenting nabawiyah di rumah. Lewat adab yang baik, anak bisa belajar dalam bersikap. Penerapan adab harus dilakukan dalam berbagai hal, termasuk diantaranya adalah adab terhadap Allah SWT, adab terhadap Rasulullah SAW, adab terhadap diri sendiri dan orang-orang di sekitar, serta yang terakhir adalah adab pada hewan dan tumbuhan.


Adil

 Bersikap Adil
 Bersikap Adil

Hal yang tak kalah pentingnya dalam parenting nabawiyah adalah menerapkan sikap yang adil. Adil bukan berarti memberi perlakuan yang sama kepada setiap anak. Sebaliknya, adil merupakan sikap yang diberikan dengan memperhatikan kebutuhan anak.

Keadilan kepada anak bisa diterapkan dalam banyak hal. Sebagai contoh, orang tua tidak seharusnya membandingkan prestasi  salah satu anak dengan saudaranya atau bahkan dengan anak orang lain. Apalagi, kemampuan setiap anak memang berbeda.

Selain itu, konsep adil ini juga harus diterapkan ketika berdoa kepada Allah SWT. Tak jarang, orang tua hanya mendoakan salah satu anak yang dianggap butuh bantuan. Sementara itu, anak lain yang dalam kesehariannya dikenal sebagai anak rajin, tak membutuhkan doa.


Bersikap lemah lembut

Bersikap lemah lembut

Bersikap lemah lembut


Konsep terakhir yang harus diperhatikan dalam penerapan parenting nabawiyah di rumah adalah dengan menunjukkan sikap lemah lembut kepada anak. Sikap lemah lembut kepada anak merupakan salah satu cara orang tua memperlihatkan wujud rasa sayang.

Lemah lembut dalam bersikap kepada anak juga harus diterapkan ketika memberi hukuman. Kalaupun memang ada hukuman berupa pukulan, tak boleh dilakukan secara berlebihan. Anak juga harus mengerti alasan kenapa dia berhak menerima pukulan itu. Hal yang tak kalah penting, pukulan diberikan dengan maksud memberi edukasi, bukan melampiaskan kemarahan.




Itulah 5 konsep parenting nabawiyah yang bisa diterapkan oleh para orang tua. Dengan konsep pengasuhan seperti ini, anak bisa tumbuh menjadi pribadi yang membanggakan para orang tua.