baju muslim anak perempuan

Ini Cara Mengajari Anak Membaca Alquran yang Efektif


cara mengajari anak membaca
cara mengajari anak membaca-Ini Cara Mengajari Anak Membaca Alquran yang Efektif-kolaka pos - Fajar


Setiap muslim harus memiliki kemampuan dalam membaca Alquran dengan baik dan benar. Apalagi, Alquran merupakan pedoman hidup penting bagi seorang muslim. Pembelajaran cara membaca Alquran pun sebaiknya dilakukan sejak usia dini. Dengan begitu, anak bisa melafalkan ayat-ayat suci Alquran dengan lancar dan fasih ketika menginjak usia dewasa.

Lalu, bagaimana cara mengajari anak membaca Alquran dengan baik dan efektif? Apalagi, di tengah kesibukan bekerja para orang tua, terkadang menyempatkan waktu untuk mengajar anak merupakan hal yang sulit. Biar pola pengajaran membaca Alquran anak berlangsung dengan baik, ada 5 metode yang bisa diterapkan, yakni:

Memberi contoh

cara mengajari anak membaca
Memberi Contoh-Ini Cara Mengajari Anak Membaca Alquran yang Efektif-ISLAM KAFAH

Cara mengajari anak membaca
Alquran bisa berlangsung secara efektif ketika memperlihatkan contoh secara langsung. Contoh seperti apa? Sebelum mengajari anak, orang tua juga harus membiasakan diri terlebih dulu untuk membaca Alquran secara rutin dengan benar.  Hal ini membuat si kecil menjadi terbiasa dalam mendengarkan lantunan ayat-ayat Alquran.

Membuat jadwal rutin

cara mengajari anak membaca

Membuat jadwal rutin-Ini Cara Mengajari Anak Membaca Alquran yang Efektif-Tebuireng Online



Cara mengajari anak membaca Alquran selanjutnya adalah dengan menetapkan jadwal secara rutin. Terkait pemilihan jadwal ini, pastikan waktu yang dipakai tidak terlalu membebani anak secara fisik. Merujuk pada kebiasaan orang-orang tua dulu, waktu terbaik mengajak anak mengaji Alquran adalah setelah salat maghrib.

Memanfaatkan teknologi

cara mengajari anak membaca
Memanfaatkan teknologi-Ini Cara Mengajari Anak Membaca Alquran yang Efektif-Tribun Style - Tribunnews.com

Metode berikutnya dalam cara mengajari anak membaca Alquran secara efektif adalah dengan memanfaatkan teknologi. Orang tua bisa memanfaatkan beragam aplikasi pengenalan huruf hijaiyah atau aplikasi yang memuat bacaan surat-surat pendek di Google Play Store ataupun App Store. Keberadaan aplikasi ini dapat membantu anak dalam belajar mengaji dengan cara yang menyenangkan.

Mengajarkan adab saat mengaji

cara mengajari anak membaca

Mengajarkan adab saat mengaji-Ini Cara Mengajari Anak Membaca Alquran yang Efektif-www.bintang9.id


Hal yang tak kalah pentingnya dalam cara mengajari anak membaca Alquran adalah adab. Anak perlu mengetahui bahwa Alquran merupakan kitab suci bagi setiap muslim. Oleh karena itu, setiap muslim pun harus menjaga perilakunya ketika bersentuhan dengan Alquran.

Lalu, adab seperti apa yang harus diperhatikan ketika mengajari anak membaca Alquran? Ada hal-hal yang harus diperhatikan, yakni:

·         Dalam kondisi suci dan menutup aurat
·         Membaca di tempat yang bersih
·         Menghadap kiblat
·         Mengawali membaca Alquran dengan bacaan ta’awudz dan basmalah.
·         Pembacaan Alquran harus dilakukan dalam kondisi khusyu’

Dengan mengajarkan adab tersebut, anak bisa mengerti bahwa Alquran bukanlah kitab biasa. Selanjutnya, mereka pun akan membiasakan diri untuk memperlakukan Kitab Suci Alquran dengan sebaik-baiknya.

 Mengajak anak memahami isi Alquran

cara mengajari anak membaca

Mengajak anak memahami isi Alquran-Ini Cara Mengajari Anak Membaca Alquran yang Efektif-TRT Haber



Agar kecintaan terhadap Alquran pada diri anak bisa terus meningkat, orang tua juga harus mengajarkan anak dalam memahami isi dari ayat-ayat suci yang dibacanya. Hal ini sangat penting, karena bisa menjadi sarana pembelajaran anak dalam menerapkan isi Alquran dalam kehidupan sehari-hari.

Mengajarkan anak agar bisa memahami isi Alquran bisa dilakukan dengan beragam cara. Orang tua bisa menyediakan Alquran yang disertai dengan terjemahan di rumah. Tak cukup sampai di situ saja, orang tua juga harus banyak mengikuti kajian yang bisa menambah pengetahuan dalam pemahaman isi Alquran.




Berbekal pemahaman tersebut, anak bisa mendapatkan banyak informasi di Alquran. Mereka dapat merasakan keindahan yang ada pada penulisan redaksi ayat-ayat Alquran. Selanjutnya, anak bisa memperoleh motivasi lebih untuk bisa membaca sekaligus mendalami isi Alquran.

Demikianlah 5 tips cara mengajari anak membaca Alquran dengan baik dan efektif. Ingin anak saleh dan salihah yang bisa membaca Alquran dengan fasih, kan? Yuk, terapkan metode ini di rumah mulai sekarang.