baju muslim anak perempuan

Cara Mendidik Anak Agar Pintar dan Suka Menolong



cara mendidik anak
 Cara mendidik anak-Cara Mendidik Anak Biar Pintar dan Suka Menolong-Parentopedia.net

Memiliki anak yang punya prestasi akademik membanggakan menjadi impian banyak orang tua. Hanya saja, terkadang kepintaran yang dimiliki oleh anak tak diimbangi dengan perilaku sosial yang baik. Alhasil, anak pun mempunyai kesulitan untuk bisa bersosialisasi dengan teman-teman di sekitarnya.

Dalam kondisi seperti itu, bisa jadi ada kesalahan dalam cara mendidik anak yang dilakukan oleh orang tua. Apalagi, pada kondisi orang tua yang terlalu sibuk dengan pekerjaan sehari-hari dan melupakan tugasnya dalam mendidik serta mengasuh anak di rumah.

Oleh karena itu, para orang tua harus menanamkan kembali betapa pentingnya cara mendidik anak dengan baik di dalam rumah. Dengan pola pendidikan dan pengasuhan yang baik, anak bisa tumbuh dengan cerdas, pintar, serta suka menolong. Dengan begitu, mereka tak hanya unggul dalam prestasi akademik di sekolah, tapi juga memiliki kehidupan sosial yang baik.
Ada 5 cara mendidik anak yang bisa diterapkan oleh para orang tua ketika berada di rumah, yakni:

Mengajarkan anak cara mengendalikan emosi


cara mendidik anak

Mengajarkan anak cara mengendalikan emosi-Cara Mendidik Anak Biar Pintar dan Suka Menolong-Hello Sehat



 Agar anak memiliki kemudahan dalam bersosialisasi, orang tua harus mengajarkan cara mengendalikan emosi kepada si kecil. Caranya tak begitu sulit. Orang tua bisa mengajak anak untuk menarik napas dalam-dalam dari hitung dan kemudian mengeluarkannya lewat mulut. Biasakan anak melakukan hal ini ketika tengah bad mood atau kesal.

Memberi kebebasan anak dalam berpendapat

cara mendikdik anak

Memberi kebebasan anak dalam berpendapat-Cara Mendidik Anak Biar Pintar dan Suka Menolong-Republika


Cara mendidik anak biar pintar bisa dilakukan dengan memberi keleluasaan kepadanya dalam mengutarakan pendapat. Orang tua jangan sampai mengacuhkan atau malah menyela pendapat yang dilontarkan si kecil. Kalau sampai itu terjadi, ada kemungkinan anak memiliki rasa percaya diri yang rendah.

Memunculkan rasa ingin tahu anak

cara mendidik anak
Memunculkan rasa ingin tahu anak-Cara Mendidik Anak Biar Pintar dan Suka Menolong-IELTS Online Tests

Anak merupakan sosok pembelajar yang alami. Secara umum, mereka bakal memiliki banyak rasa ingin tahu terhadap hal-hal yang baru saja dijumpainya. Orang tua bisa memunculkan rasa ingin tahu anak dengan mengajaknya ke tempat-tempat menarik seperti kebun binatang, museum, atau tempat wisata edukatif serupa. Di waktu yang sama, orang tua juga biasa melontarkan pertanyaan yang dapat mendorong peningkatan pengetahuan anak.

Mengajarkan anak tentang tanggung jawab


cara mendidik anak

Mengajarkan anak tentang tanggung jawab-Cara Mendidik Anak Biar Pintar dan Suka Menolong-Mamitips



Seorang anak yang pintar dan suka menolong merupakan pribadi yang mandiri. Mereka terbiasa melakukan hal-hal yang telah menjadi tanggung jawabnya dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, orang tua perlu mengajakan hal ini sejak dini. Berikan anak tanggung jawab sesuai dengan usianya, seperti mandi sendiri, membersihkan piring setelah makan, atau merapikan tempat tidur.

Menumbuhkan rasa empati kepada orang yang mengalami kesusahan

cara mendidik anak

Menumbuhkan rasa empati kepada orang yang mengalami kesusahan-Cara Mendidik Anak Biar Pintar dan Suka Menolong-sosiologi


Agar anak memiliki karakter yang suka menolong, dalam penerapan cara mendidik anak yang dilakukan oleh orang tua juga harus disertai dengan aktivitas yang dapat menumbuhkan rasa empati anak. Ajarkan kepada anak bahwa sebagai manusia, kita tak bisa hidup sendiri. Ada kalanya manusia membutuhkan bantuan dari orang lain.

Oleh karena itu, orang tua bisa memberi teladan secara langsung kepada anak lewat beragam tindakan sederhana dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai contoh, membiasakan diri untuk meminta tolong anak untuk mengambilkan baju. Contoh lain juga bisa dilakukan dengan membiasakan diri menyisihkan makanan atau baju untuk orang miskin di sekitar rumah.



Itulah 5 tips yang bisa diterapkan oleh para orang tua dalam cara mendidik anak biar tumbuh menjadi pribadi yang pintar dan suka menolong. Hal yang perlu ditanamkan kepada si kecil, memberi pertolongan kepada orang lain harus dilakukan dengan tanpa pamrih, tidak mengharapkan imbalan. Semoga informasi ini bermanfaat, ya.