baju muslim anak perempuan

Bagaimana Cara Ibu Rumah Tangga Mengatur Keuangan Keluarga dengan Baik?

Cara Mengatur Keungan Kelaurga dengan Baik
Cara Mengatur Keungan Kelaurga dengan Baik
Ketika sudah berkeluarga, keuangan menjadi hal yang cukup penting untuk diperhatikan, khususnya bagi ibu rumah tangga. Hal tersebut karena biasanya ibu rumah tangga punya tanggung jawab mengelola keuangan keluarga. Agar keuangan keluarga terkelola secara baik, bunda perlu paham beberapa hal berikut ini.

Beli seperlunya

Ibu rumah tangga sangat mudah termakan iklan dan omongan orang. Ketika melihat atau mendengar sesuatu yang bagus kata orang, tak mustahil bunda pun menjadi tertarik untuk membelinya, padahal belum tentu bunda membutuhkannya. Oleh karen itu, bunda perlu punya prinsip 'beli secukupnya dan beli yang perlu saja,' yang sangat kuat. Kalau tidak, uang yang cukup untuk satu bulan bisa jadi tidak cukup. Khususnya hasrat membeli barang-barang yang tergolong tersier seperti sepatu heels, pakaian, atau make up.

Rencanakan Belanja Bulanan

Merencanakan pengeluaran bulanan tentunya sangat membantu bunda dalam mengatur keuangan keluarga. Analisa pengeluaran bulanan di rumah bunda. Kurangi pendapatan bulanan keluarga bunda dengan biaya-biaya bulanan seperti listrik, PDAM, beras termasuk dana untuk jajan anak, investasi dan tabungan. Setelah itu, maksimalkan dana yang ada untuk keperluan belanja bulanan lainnya. Jadi, bunda bisa memaksimalkan setiap rupiah yang ada secara efisien.

Kesalahanya banyak ibu rumah tangga adalah tidak membuat rencana belanja sehingga tidak bisa mengontrol belanjaannya. Prinsipnya sederhana, kalau tidak pulang uang tinggal sedikit tentu tidak ada uang sama sekali. Ibu rumah tangga kadang sulit menahan hasrat berbelanja mereka. Itu wajar! Maka salah satu solusinya adalah membawa uang secukupnya saja.

Bepergian Naik Motor

Sekarang ini, banyak orang yang lebih memilih menggunakan mobil karena takut terkena terik matahari. Hal itu memang tidak salah. Namun, akan lebih murah dan efisien bepergian menggunakan motor. Bunda anggap saja dalam sehari bunda mengeluarkan Rp10.000,- untuk bensin selama bepergian menggunakan motor. Maka dalam sebulan kita hanya perlu mengeluarkan Rp300.000,- Biaya pun akan jauh lebih besar apabila bunda naik mobil atau menggunakan angkutan umum. Apalagi apabila bisa berboncengan dengan suami ketika pergi ke suatu tempat. Selain tambah hemat juga bunda jadi bisa tambah romantis dengan pasangan.

Bayar apapun tepat waktu

Bayarlah tagihan-tagihan apapun di rumah bunda tepat waktu. Karena jika tidak, akan ada denda yang harus dibayarkan. Memang denda yang harus dibayarkan terbilang kecil. Tapi, akan lebih bermanfaat bila biaya-biaya tersebut bisa disimpan dan ditabung. Tagihan-tagihan yang kadang disepelekan adalah:
  • Listrik
  • PDAM
  • Cicilan Motor/mobil
Perhatikan tiga hal berikut karena sering terlupakan, bunda.

Mencari penghasilan tambahan

Meskipun berstatus ibu rumah tangga, tentu bunda punya kebutuhan pribadi yang harus dipenuhi. Sayang sekali bila kebutuhan pribadi tersebut harus dipenuhi menggunakan uang keluarga. Oleh karena itu, mencari penghasilan tambahan tentu merupakan salah satu solusi untuk mengatur keuangan keluarga. Dengan adanya penghasilan tambahan, bunda bisa memenuhi kebutuhan sekunder bunda tanpa perlu mengganggu keuangan keluarga. Bunda bisa membaca artikel Cara Memulai Usaha Sampingan bagi Ibu Rumah Tangga.

Manfaatkan diskon dan promo

Salah satu tips agar bunda dapat berhemat adalah dengan memanfaatkan diskon dan promo-promo. Memang terkesan agak kolot untuk mengejar diskon dan promo, tapi cara ini masih cukup bagus untuk menghemat pengeluaran. Dengan begitu, bunda dapat menyimpan lebih banyak atau bisa membeli keperluan lainnya.

Itulah beberapa tips dari Bajuyuli cara mengatur keuangan keluarga dengan baik. Semoga tips ini bisa membantu bunda dan selamat mencoba bunda. Sampai jumpa di tulisan Bajuyuli lainnya.