baju muslim anak perempuan

Macam-Macam Kecerdasan Anak

Macam Kecerdasan Anak
Macam Kecerdasan Anak
Sebagai orang tua, kita perlu paham bahwa setiap anak dilahirkan dengan keunikan masing-masing. Tidak semua anak pandai dalam beragam hal, tapi tidak semua anak juga bodoh dalam semua hal. Pasti ada satu hal yang anak kita menonjol di bidang tersebut. Oleh karena itu, kita perlu memahami tentang jenis-jenis kecerdasan yang mungkin dimiliki oleh anak.

Menurut Dr. Howard Gardner, ada 8 macam kecerdasan yang mungkin dimiliki oleh seorang anak. Dan seorang anak mungkin memiliki lebih dari satu macam kecerdasan tersebut.

1. Kecerdasan Linguistik

Kecerdasan Linguistik
Kecerdasan Linguistik
Jenis kecerdasan ini  berkaitan dengan kemampuan anak dalam berbahasa baik dalam bentuk tulisan maupun saat berbicara. Kecerdasan linguistik dapat dilihat ketika anak suka membaca, cepat bisa mengeja kata dengan baik, suka menulis, suka berbicara, dan mendengarkan cerita. 

2. Kecerdasan Matematis

Kecerdasan Matematis
Kecerdasan Matematis
Anak yang mempunyai kecerdasan matematis umumnya terlihat dari kemampuannya menghapal sesuatu yang berhubungan dengan angka seperti menghitung ataupun hal-hal yang memerlukan logika seperti sains. Anak yang mempunyai kecerdasan ini cenderung tidak banyak berbicara karena pikirannya selalu aktif bekerja memikirkan sesuatu. Jadi, orang tua tidak perlu khawatir terlalu dini bila si anak tidak seaktif yang lainnya.

3. Kecerdasan Interpersonal

Kecerdasan Interpersonal
Kecerdasan Interpersonal
Anak dengan tipe kecerdasan ini cenderung lebih suka bermain sendiri. Namun, ia bisa mengatur emosi dengan baik. Anak ini biasanya memiliki ambisi dan sudah tahu ingin jadi apa saat besar nanti. Ia juga memiliki rasa percaya diri yang tinggi dan bisa mengomunikasikan perasaannya dengan baik.

4. Kecerdasan Sosial

Kecerdasan Sosial
Kecerdasan Sosial
Anak dengan kecerdasan sosial biasanya ditandai dengan murah tersenyum dan sangat suka berada di keramaian. Biasanya anak dengan kecerdasan ini sangat aktif dan 'berisik'. Meski begitu, ada baiknya tidak membatasi anak dengan menyuruhnya diam karena sebenarnya itu adalah salah satu caranya mempelajari lingkungannya.

5. Kecerdasan Musikal

Kecerdasan Musikal
Kecerdasan Musikal
Ciri-ciri anak yang memiliki kecerdasan ini, antara lain suka bernyanyi, menggoyangkan badan atau berjoget ketika mendengar suara musik, suka mendengarkan musik, mengingat lagu, suka memukul-mukul seperti bermain drum, dan main piano. 

6. Kecerdasan Spasial

Kecerdasan Spasial
Kecerdasan Spasial
Sama halnya dengan kecerdasan musikal, kecerdasan spasial sangat berhubungan dengan seni. Anak yang memiliki kecerdasan ini biasanya terlihat dari kesukaannya menggambar, mencorat-coret kertas, mewarnai, suka berimajinasi, hingga suka bermain-main membangun sesuatu menggunaan balok.

7. Kecerdasan Kinetik

Kecerdasan Kinetik
Kecerdasan Kinetik
Anak yang memiliki kecerdasan kinetik akan terlihat sangat aktif, seperti suka berolahraga, menari, menyentuh berbagai benda dan mempelajarinya, atau membuat sesuatu dengan tangannya. Selain itu, biasanya anak dengan kecerdasan kinetik mempunyai tenaga ekstra sehingga lebih sukar lelah saat bermain ketimbang anak pada umumnya.

8. Kecerdasan Naturalis

Kecerdasan Naturalis
Kecerdasan Naturalis
Anak-anak yang memiliki kecerdasan naturalis sangat suka bermain di alam. Anak ini juga menyukai binatang, memiliki kepedulian terhadap lingkungan, suka dengan tanaman. Mirip seperti kecerdasan sosial, namun kepekaan si anak lebih kepada benda-benda di alam. Meskipun biasanya kecerdasan naturalis akan terbentuk bersamaan dengan kecerdasan sosial si anak.


Itulah beberapa macam/jenis kecerdasan anak yang perlu kita ketahui. Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa membantu kita mendukung perkembangan anak.