baju muslim anak perempuan

Cara Menjaga Kesehatan Anak Saat Sekolah

Saat anak memasuki usia untuk memulai bersekolah, tidak jarang mereka rentan terhadap penyakit karena berada di sekolah dengan berbagai macam kelompok orang akan lebih mudah menyebarkan virus dan bakteri, apalagi ketika tidak dalam pengawasan Bunda.
 Tips dan Triks Menjaga Kesehatan Anak Saat Sekolah.
 Tips dan Triks Menjaga Kesehatan Anak Saat Sekolah.
Usahakan Bunda rutin memeriksakan kesehatan anak mulai usia 3 hingga 21 tahun setiap setahun sekali yang bertujuan agar Bunda dapat mengetahui bagaimana kesehatan anak ketika memasuki usia sekolah mulai dari berat badan, tinggi, ketajaman penglihatan, hingga tekanan darahnya, tak hanya itu, beberapa hal yang bisa Bunda lakukan agar anak tetap sehat di sekolah, diantaranya:

1. Makan Sebelum Berangkat Sekolah/ Sarapan

Sarapan pagi sebelum berangkat sekolah adalah salah satu hal yang dapat membuat anak Bunda tetap sehat saat sekolah. Banyak anak yang suka seringkali melewatkan waktu makan pagi saat hari sekolah karena terburu-buru. Jika tidak ingin anak Bunda melewatkan sarapan paginya, cobalah untuk membuat makanan yang mudah dibawa dan tetap bernutrisi. 

Misalnya, snack bar yang mengandung kacang kedelai dan buah-buahan atau setangkup roti yang sudah ditambah dengan sayuran dan daging. 

2. Mengajarkan Membiasakan Mencuci Tangan

Sejak kecil, anak-anak sudah harus diajarkan mencuci tangan sebelum makan atau setelah melakukan hal-hal yang bersentuhan langsung dengan kotoran, terutama setelah dari toilet. Banyak masalah kesehatan anak usia sekolah yang berasal dari kurangnya kesadaran menjaga kebersihan tangan.

Tangan Anak bisa terpapar kuman dan bakteri akibat berbagai aktivitas yang dilakukannya, seperti bermain boneka, bermain di luar ruangan, bermain bersama hewan peliharaan, dan sebagainya. Jangan sampai anak Bunda mengalami masalah kesehatan serius seperti diare akibat tidak cuci tangan sebelum makan atau setelah dari toilet.

3. Mengingatkan Agar Tidak Jajan Sembarangan

Di sekolah seringkali banyak penjual makanan yang kurang memperhatikan masalah kesehatan, seperti membiarkan makanan yang dikerumun lalat dan lain sebagainya, atau makanan makanan yang kurang baik untuk dikonsumsi seperti es, permen, makanan pedas dan lain sebagainya.

Selain itu banyak juga makanan yang mengandung bahan pengawet, pewarna, hingga MSG yang dapat mengganggu kesehatan.

4. Mengajak Anak Melakukan Aktivitas Olahraga

Pada saat masuk usia sekolah, anak cenderung ingin bersantai di akhir pekan karena sudah lelah beraktivitas di hari-hari sebelumnya. Boleh saja membiarkannya bersantai, tapi jangan lupa untuk mengajak anak berolahraga juga. Jika mereka terlihat tak tertarik, coba bangkitkan minat anak dengan mengajaknya melakukan kegiatan fisik yang dia sukai. Misalnya, ketika anak Bunda senang bermain di air, Bunda bisa menggunakan hobi mereka itu untuk mengajaknya rutin berenang. 

5. Memberikan Anak Cukup Waktu Untuk Istirahat

Beberapa orangtua sering mengabaikan waktu istirahat anaknya saat di rumah dan membiarkan mereka terlalu asyik bermain setelah pulang sekolah. Padahal, waktu tidur siang cukup penting bagi anak usia sekolah. Malam harinya, tidak jarang pula ia terlambat tidur karena harus menyelesaikan tugas sekolah atau asyik menonton film kartun kesukaan. Orang tua punya peran penting untuk menjaga waktu istirahat anak agar tetap cukup. Sebab jika kurang tidur, anak bisa hilang konsentrasi saat di kelas, mengalami masalah berat badan, hingga penyakit diabetes.

Nah, itulah beberapa cara atau tips triks untuk menjaga kesehatan anak saat sekolah. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan Bunda yang sudah membaca.