baju muslim anak perempuan

Tips & Triks Menjadi Ayah Yang Hebat Untuk Anak

Untuk menjadi Ayah yang hebat bukan hanya sekedar soal keahlian menggendong, mengganti popok atau menghentikan sendawa pada anak saja, tetapi seorang Ayah juga harus mampu membuat keluarga yang harmonis, harus mampu menjadi Ayah yang dicintai dan di banggakan. 
Cara Menjadi Ayah Yang Hebat Untuk Anak.
Cara Menjadi Ayah Yang Hebat Untuk Anak.
Nah, berikut ini adalah beberapa tips dan triks untuk menjadi Ayah yang hebat dan di cintai terutama oleh keluarganya.

1. Mulai Menjadi Suami Yang Baik


Sebelum menjadi Ayah yang hebat, tentunya harus menjadi suami yang baik terlebih dahulu, bagaimana cara memperlakukan istri yang sedang hamil, dan menjadi sosok yang selalu ada untuknya. Menjadi suami yang baik bagi istri, akan menciptakan suasana rumah tangga yang harmonis dan penuh cinta. Dengan begitu, anak yang lahir dari keluarga yang penuh cinta, akan memiliki cinta kasih yang sama, karena dengan berusaha untuk tetap harmonis dengan pasangan akan membuat seorang suami dengan mudah menjadi Ayah yang hebat untuk anaknya. 

2. Membantu Istri Mengurus Anak


Selanjutnya untuk menjadi Ayah yang hebat harus mampu membantu dan menemani Istri dalam mengurus anak. Tidak hanya soal menyuapinya sesekali, tapi juga ikut menemani istri saat menyuapi anak sesekali, bisa membuat seorang pria menjadi Ayah yang hebat untuk keluarganya.

Terutama bagi pasangan yang baru saja dikaruniai seorang anak, bangun tengah malam karena tangisan bayi yang lapar harus dihadapi bersama tentunya. Tidak hanya sang ibu saja yang bangun, Ayah yang hebat juga harus bangun menemani sang Istri.

3. Perlakukan Dengan Penuh Kasih


Semakin besar anak maka kebutuhannya akan kasih sayang juga akan semakin besar, namun mereka seakan malu untuk mengakui. Untuk menjadi Ayah yang hebat bagi anak yang sedang dalam masa pertumbuhan, bisa dilakukan dengan selalu memberi perhatian kecil pada anak. Selain itu, ayah juga bisa merangkul anak dan mengajaknya berjalan bersama, mengobrol atau main bersama. Cobalah memperlakukan anak sama seperti Anda ingin diperlakukan ketika seumurannya, tetapi jangan sampai berlebihan yang mebuat anak akan merasa malu.

4. Menjadi Contoh Baik Untuk Anak


Seorang suami yang sudah menjadi Ayah harus baik dalam besikap untuk memberikan contoh yang baik pada anaknya. Seorang suami yang temperamental, kadang melampiaskan kekesalannya dengan kekerasan, padahal perbuatan tersebut sangat tidak baik, dan akan berdampak buruk bagi kondisi mental anak.

5. Memahami Keinginan Sang Anak


Untuk menjadi Ayah yang hebat tidak hanya soal panduan parenting saja, tapi juga soal bagaimana memahami keinginan anak. Seorang Ayah yang hebat harus mampu memahami apa yang diinginkan anak dari ayahnya.

Bukan saja soal materi, tapi juga soal peran ayah yang diinginkan anak. Jangan biarkan anak menganggap ayah hanya sebagai mesin uang mereka, dan hanya datang pada saat mereka membutuhkan uang saja.



Cara menjadi Ayah yang hebat bagi anak memang sulit, namun bukan tak mungkin untuk dilakukan. Seorang suami yang baru menjadi Ayah mungkin akan merasa kewalahan di awal, perlahan rasa lelah itu pasti akan hilang seiring dengan melihat tumbuh kembang anak yang baik.



Nah, itulah beberapa tips dan triks untuk menjadi Ayah yang hebat untuk anak. Semoga tulisan ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan atau inspirasi bagi Ayah maupun Bunda ya.