Jual gamis anak perempuan murah

Mengajarkan Anak Membaca Al-Quran

قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: أَفْضَلُ عِبَادَةِ أُمَّتِي قِرَاءَةُ الْقُرْآنِ

Artinya: Rasulullah shallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Sebaik-baiknya ibadah umatku adalah membaca Al-Qur’an.” (HR. al-Baihaqi).  

Sumber: https://islam.nu.or.id/post/read/116677/keutamaan-membaca-al-qur-an-dalam-hadits-rasulullah

Di atas hanya salah satu dalil tentang membaca Al-Quran, masih banyak lagi dalil dalil tentang keutamaan membaca Al-Quran, silahkan googling sendiri ya bunda... Sekarang kami bahas gimana cara ngajarin anak membaca Al-Quran

Ilustrasi anak cinta Al-Quran
Ilustrasi anak cinta Al-Quran

Mencontohkan Baca Al-Quran

Ini yang paling utama dari metode kita mengajarkan anak kita membaca Al-Quran. Kita harus mencontohkan ke anak kita dengan sering sering baca Al-Quran, setidaknya sehari sekali, dan anak kita harus tau. Dengan demikian sang anak akan melihat kebiasaan orang tuanya, dan mulai berpikir, "oh baca Al-Quran itu harus setiap hari". Nah kalau ini udah terjadi, harapannya akan timbul rasa penasaran di diri sang anak, dan rasa penasaran itu bisa diolah sedemikian rupa sehingga anak anda bisa SUKA membaca Alquran..

Jadi sekali lagi, contohkan setiap hari, tunjukkan bahwa anda SUKA membaca Al-Quran, Insya Allah anak anda juga akan SUKA membaca Al-Quran. Bukankah anak anak itu peniru yang ulung?

Orang tua harus belajar juga

Ini fatal sekali, banyak saya lihat kasus orang tua yang belum bisa membaca Al-Quran.. OK tak mengapa, yang jadi soal orang tua mau berubah atau tidak? tidak ada kata terlambat untuk belajar, mulai dari sekarang belajar lagi Al-Quran..

Kalau saran kami, Anda belajar Al-Quran ke ustad, dan anak anda belajar ke Anda. Atau paling minimal, anda dan anak anda sama sama belaja Al-Quran ke ustad. Yang parah adalah bila anda tidak belajar Al-Quran tapi memanggil ustad untuk mengajarkan Al-Quran ke anak anda. ini fatal loh bun..

Kalau mau anak anda jadi anak shaleh, ya anda juga harus shaleh dong...

Mulai dari surat surat penting

Nah metode ini bisa beda beda, kalau menurut kami, yang penting itu anak anak bisa membaca dengan makhroj yang penting surat surat penting seperti Alfatihah, Kulhu, Al Falaq, An Nas. Lebih bagus lagi kalau sampai hapal artinya, dan tau tafsirnya.

Jadi daripada memulai dari Iqro, lebih baik mengajarkan dulu menghafal surat2 pendek Al-Quran.

==
Ya sekian aja tips singkat dari kami, semoga bermanfaat.